Beranda / Lifestyle

3 Contoh Undangan Halal Bihalal Lebaran di Sekolah, Bisa Dikirim Via WhatsApp

life.terasjakarta.id - Kamis, 4 April 2024 | 10:30 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
5 Contoh Undangan Halal Bihalal Lebaran di Sekolah, Bisa Kirim Via WhatsApp

Contoh undangan halal bihalal sekolah Lebaran yang dapat mempererat tali silahturahmi. (Foto: MI Unggulan Sabilillah Lamongan)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Simak contoh undangan halal bihalal sekolah Lebaran yang dapat mempererat tali silahturahmi.

Seperti yang diketahui, halal bihalal sendiri adalah salah satu tradisi yang sering dilakukan oleh umat muslim Indonesia usai Lebaran.

Pada tradisi ini nantinya para tamu undangan akan saling bermaaf-maafan usai melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

Tidak hanya itu, selain diselenggarakan di lingkungan keluarga besar, halal bihalal juga terkadang dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Sebelum acara dimulai, tentunya akan ada persiapan yang perlu dilakukan agar halal bihalal berjalan dengan lancar.

Baca Juga : 5 Contoh Undangan Halal Bihalal Keluarga Besar Lebaran 2024 Sederhana, Mempererat Tali Silahturahmi!

Pengertian Halal Bihalal

Lantas, apa itu Halal Bihalal yang sering dilakukan oleh masyarakat ketika Hari Raya Idul Fitri tiba.

Bila ditinjau dari aspek bahasa, kata halal di dalam bahasa Arab berasal dari 'halla' atau 'halala' yang mempunyai banyak makna tergantung dari rangkaian kalimatnya.

Sejumlah makna ini, di antaranya ada 'halal al-habi' yang artinya mengurai kembali benang yang kusut, kemudian ada 'halla al-maa' yang artinya mengendapkan air keruh dan 'halla as-syai' memiliki arti menghalalkan sesuatu.

Namun, melansir dari situs UIN SGD, dari tinjauan linguistik, halal bihalal ini dipahami sebagai penyambung dari apa yang sebelumnya telah putus.

Hal ini dimungkinkan jika seseorang yang ikut halal bihalal ingin menjadikan momen tersebut sebagai media silahturahmi dan juga saling memaafkan demi mendapat hakikat dari perayaan Idul Fitri itu sendiri.

Lebih detailnya, kegiatan halal bihalal ini dimaknai bukan hanya sebagai salah satu ritus keagamaan semata, namun juga demi kemanusiaan, kebangsaan dan kegiatan positif demi kemaslahatan bersama

Sejarah Kegiatan Halal Bihalal

Sementara itu, ada beberapa versi terkait sejarah Halal Bihalal yang menjadi salah satu tradisi di Indonesia.

Melansir dari situs resmi Kemenko PMK, Halal Bihalal sendiri sudah ada sejak tahun 1948, di mana saat itu pendiri Nahdlatul Ulama KH Abdul Wahab Hasbullah mengenalkan istilah itu kepada Presiden Soekarno.

KH Abdul Wahab menjelaskan kepada Presiden Soekarno mengenai Halal Bihalal yang merupakan bentuk silaturahmi antar pemimpin politik di kala itu yang sedang menghadapai berbagai konflik.

Atas saran tersebut, Presiden pertama RI ini kemudian mengundang para tokoh politik untuk berkunjung ke Istana Negara dalam rangka silahturahmi dengan tajuk 'Halal Bihalal'.

Tokoh politik yang datang pun berkumpul di dalam satu meja dan bersama-sama diskusi untuk tetap menjalin kekuatan demi persatuan bangsa ke depannya.

Semenjak itu, di berbagai instansi pemerintahan di masa Presiden Soekarno jadi rutin mengadakan kegiatan Halal Bihalal di kantor masing-masing dan juga turut diikuti oleh masyarakat umum.

3 Contoh Undangan Halal Bihalal Lebaran di Sekolah

Untuk meriahkan acara hilal bihalal di sekolah ini tentu perlu yang namanya undangan untuk ditujukan kepada siswa atau alumni.

Nah, berikut ini ada sejumlah contoh undangan halal bihalal Lebaran di sekolah, di antaranya:

Contoh 1

Kepada Yth, seluruh siswa dan siswi .....

di tempat

Perihal: Undangan Acara Halal Bihalal

Assalamualaikum Wr. Wb.

Taqaballahu minna waminkum, Siyaamana wa siyaamakum, Taqabal yaa kariim. Tidak terasa kita semua telah memasuki bulan Syawal. Semoga Allah senantiasa mengampuni dosa-dosa yang telah kita perbuat serta menerima seluruh amal baik kita, semoga Allah selalu menguatkan kita dalam barisan orang-orang yang bertakwa. Aamin ya Robbal Aalamiin.

Bertepatan dengan momen Hari Raya Idul Fitri 1445 H, maka kami bermaksud ingin memanfaatkan momentum hari raya agar lebih meningkatkan kebersamaan, kerukunan serta kekompakan siswa dan siswi .... dengan mengadakan kegiatan silaturahmi warga dalam bentuk acara Halal Bihalal dengan tema “Silaturahmi Penuh Hangat” yang akan digelar pada:

  • Hari/ Tanggal : ...
  • Tempat : ....
  • Pukul : ....
  • Acara : Halal Bihalal

Mengingat pentingnya acara Halalbihalal tersebut, dengan ini kami mengundang serta mengharapkan siswa dan siswi ..... untuk dapat hadir sesuai dengan tepat waktu.

Demikian surat undangan ini kami buat, atas waktu serta perhatiannya kami ucapkan terimakasih banyak.

Waalaikumsalam Wrb. Wb.

Contoh 2

SURAT UNDANGAN HALAL BIHALAL

Yth,

Seluruh alumni siswa-siswi SMK/SMA..Angkatan...

Di Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Tidak terasa bulan suci Ramadhan telah usai, semoga kita bisa meraih kemenangan yang sebenarnya di Hari Raya Idul Fitri ini. Karena bertepatan dengan momen tersebut, maka kami ingin mengundang seluruh alumni siswa-siswi SMK/SMA..Angkatan... untuk hadir pada acara Halal Bihalal dengan tema “Silaturahmi Tahunan” yang Insya Allah akan diselenggarakan pada:

  • Hari/Tanggal : ....
  • Tempat : ....
  • Pukul : ....

Demikian surat undangan ini kami buat, kami mengharapkan siswa dan siswi dapat datang tepat pada waktunya. Atas waktu dan perhatiannya, kami ucapkan banyak terimakasih. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh 3

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan hormat,

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal Ya Karim

Dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 H dengan maksud mengundang teman-teman SMA/SMK/MA angkatan....untuk hadir dalam acara Halal Bihalal untuk memperkuat tali silaturahmi yang insyaallah akan kami selenggarakan pada:

  • Hari/Tanggal : ....
  • Waktu : ....
  • Tempat : ....

Atas perhatian dan kehadirannya. Kami sampaikan terima kasih.

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikian informasi terkait sejumlah contoh undangan halal bihalal Lebaran di sekolah. Semoga membantu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link