Beranda / Lifestyle

5 Contoh Undangan Halal Bihalal Keluarga Besar Lebaran 2024 Sederhana, Mempererat Tali Silahturahmi!

life.terasjakarta.id - Sabtu, 30 Maret 2024 | 17:35 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Link twibbon Idul Fitri 2024 terbaru dan gratis

Sejumlah contoh undangan halal bihalal keluarga besar Lebaran 2024 yang dapat mempererat tali silahturahmi. (Foto: Canva)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Simak contoh undangan halal bihalal keluarga besar Lebaran 2024 yang dapat mempererat tali silahturahmi.

Seperti yang diketahui, halal bihalal sendiri adalah salah satu tradisi yang sering dilakukan oleh umat muslim Indonesia usai Lebaran.

Pada tradisi ini nantinya para tamu undangan akan saling bermaaf-maafan usai melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

Tidak hanya itu, halal bihalal ini biasanya diselenggarakan oleh keluarga besar.

Sebelum acara dimulai, tentunya akan ada persiapan yang perlu dilakukan agar halal bihalal berjalan dengan lancar.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Model Baju Gamis Anak Perempuan Terbaru 2024, Tampil Sopan dan Menawan saat Lebaran

Apa Itu Halal Bihalal?

Lantas, apa itu Halal Bihalal yang sering dilakukan oleh masyarakat ketika Hari Raya Idul Fitri tiba.

Bila ditinjau dari aspek bahasa, kata halal di dalam bahasa Arab berasal dari 'halla' atau 'halala' yang mempunyai banyak makna tergantung dari rangkaian kalimatnya.

Sejumlah makna ini, di antaranya ada 'halal al-habi' yang artinya mengurai kembali benang yang kusut, kemudian ada 'halla al-maa' yang artinya mengendapkan air keruh dan 'halla as-syai' memiliki arti menghalalkan sesuatu.

Namun, melansir dari situs UIN SGD, dari tinjauan linguistik, halal bihalal ini dipahami sebagai penyambung dari apa yang sebelumnya telah putus.

Hal ini dimungkinkan jika seseorang yang ikut halal bihalal ingin menjadikan momen tersebut sebagai media silahturahmi dan juga saling memaafkan demi mendapat hakikat dari perayaan Idul Fitri itu sendiri.

Lebih detailnya, kegiatan halal bihalal ini dimaknai bukan hanya sebagai salah satu ritus keagamaan semata, namun juga demi kemanusiaan, kebangsaan dan kegiatan positif demi kemaslahatan bersama.

Sejarah Halal Bihalal

Sementara itu, ada beberapa versi terkait sejarah Halal Bihalal yang menjadi salah satu tradisi di Indonesia.

Melansir dari situs resmi Kemenko PMK, Halal Bihalal sendiri sudah ada sejak tahun 1948, di mana saat itu pendiri Nahdlatul Ulama KH Abdul Wahab Hasbullah mengenalkan istilah itu kepada Presiden Soekarno.

KH Abdul Wahab menjelaskan kepada Presiden Soekarno mengenai Halal Bihalal yang merupakan bentuk silaturahmi antar pemimpin politik di kala itu yang sedang menghadapai berbagai konflik.

Atas saran tersebut, Presiden pertama RI ini kemudian mengundang para tokoh politik untuk berkunjung ke Istana Negara dalam rangka silahturahmi dengan tajuk 'Halal Bihalal'.

Tokoh politik yang datang pun berkumpul di dalam satu meja dan bersama-sama diskusi untuk tetap menjalin kekuatan demi persatuan bangsa ke depannya.

Semenjak itu, di berbagai instansi pemerintahan di masa Presiden Soekarno jadi rutin mengadakan kegiatan Halal Bihalal di kantor masing-masing dan juga turut diikuti oleh masyarakat umum.

5 Contoh Undangan Halal Bihalal Keluarga Besar Lebaran 2024 Sederhana

Nah, berikut ini ada sejumlah undangan halal bihalal keluarga besar Lebaran 2024, di antaranya:

Contoh 1

Kepada Yth, Keluarga Besar Bapak (nama tamu undangan)

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Allah SWT senantiasa mengampuni dosa-dosa yang telah kita perbuat serta menerima seluruh amal baik kita, semoga Allah selalu menguatkan kita dalam barisan orang-orang yang bertakwa. Aamiin. Tidak terasa sebentar lagi bulan suci Ramadan yang penuh dengan berkah akan segera usai.

Maka sudah sepatutnya kita menyambut bulan Syawal bersama dengan hati yang bersih dan tanpa rasa dengki. Oleh karena itu, untuk menyambut bulan Syawal dan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H ini, maka kami ingin mengundang keluarga besar dari Bapak (nama tamu undangan) untuk menghadiri acara Halal Bihalal Keluarga Besar …. dengan tema “....” yang Insya Allah acara Halal Bihalal akan diselenggarakan pada:

  • Hari/ Tanggal :
  • Tempat :
  • Pukul :

Dengan surat ini, kami berharap Bapak serta keluarga dapat menghadiri acara Halal Bihalal tepat pada waktunya. Demikian surat undangan ini kami buat, atas waktu serta perhatiannya kami ucapkan terimakasih banyak. Waalaikumsalam Wrb. Wb.

..., April 2024
(Nama)

Contoh 2

Assalamualaikum Wr. Wb. Bulan Ramadhan yang suci akan segera usai, umat Islam telah mempersiapkan diri menyambut Hari Raya Idul Fitri, menyambut diri yang baru dengan dosa-dosa yang telah diampuni. Dalam suasana hari yang fitri dan hati yang bersih, maka sudah sepatutnya kita saling memaafkan dan menyambut bulan Syawal dengan penuh suka cita.

Oleh karena itu, untuk menyambut bulan Syawal dan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, maka kami ingin mengundang keluarga besar dari Bapak (nama tamu undangan) untuk menghadiri acara Halal Bihalal Keluarga Besar … dengan tema “....” yang Insya Allah acara Halal Bihalal akan diselenggarakan pada:

  • Hari/ Tanggal :
  • Tempat :
  • Pukul :
  • Acara :

Dengan surat ini, kami berharap Bapak serta keluarga dapat menghadiri acara Halal Bihalal tepat pada waktunya. Demikian surat undangan ini kami buat, atas waktu serta perhatiannya kami ucapkan terimakasih banyak. Waalaikumsalam Wrb. Wb.

Contoh 3

Kepada Yth, Keluarga Besar Bapak (nama tamu undangan)

Assalamualaikum Wr. Wb. Tidak terasa kita semua telah memasuki bulan Syawal. Semoga Allah senantiasa mengampuni dosa-dosa yang telah kita perbuat serta menerima seluruh amal baik kita, semoga Allah selalu menguatkan kita dalam barisan orang-orang yang bertakwa. Aamiin ya Robbal Aalamiin.

Pada suasana Hari Raya Idul Fitri 1444 H ini, maka kami ingin mengundang keluarga besar …. untuk menghadiri acara Halal Bihalal dengan tema “Temu Kangen serta Mempererat Tali Silaturahmi” yang Insya Allah acara Halal Bihalal akan diselenggarakan pada:

  • Hari/ Tanggal :
  • Tempat :
  • Pukul :

Dengan surat ini, kami berharap Bapak serta keluarga dapat menghadiri acara Halal Bihalal tepat pada waktunya. Demikian surat undangan ini kami buat, atas waktu serta perhatiannya kami ucapkan terimakasih banyak. Waalaikumsalam Wrb. Wb.

..., April 2024

(Nama)

Contoh 4

Assalamu’alaikum Wr. Wb Tanpa mengurangi rasa hormat, dengan adanya undangan ini kami bermaksud mengadakan acara Halal Bihalal sebagai agenda tahunan keluarga besar. Acara ini insha Allah akan dilaksanakan pada:

  • Tanggal:
  • Waktu:
  • Tempat: Rumah ...

Semoga para undangan bisa hadir pada waktunya dan acara yang sudah kita rencanakan bisa terlaksana dengan lancar. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh 5

Assalamu’alaikum Wr. Wb Sehubungan dengan agenda rutin tahunan di keluarga besar, kami berniat mengadakan acara Halal Bihalal yang insha Allah akan dilaksanakan di:

  • Tempat: Rumah Ibu/Bapak …
  • Tanggal:
  • Waktu:

Semoga niat kita mendapatkan ridho dari Allah dan apa yang kita niatkan bisa terlaksana. Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Itu dia sejumlah informasi terkait contoh undangan halal bihalal keluarga besar Lebaran 2024 yang dapat mempereat tali silahturahmi dan persaudaraan. Semoga membantu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link