Beranda / Lifestyle

Ucapan yang Benar saat Hari Raya Idul Fitri Menurut Islam, Seperti Apa?

life.terasjakarta.id - Selasa, 9 April 2024 | 16:30 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Ucapan yang Benar saat Hari Raya Idul Fitri Menurut Islam, Seperti Apa?

Informasi mengenai ucapan yang benar saat Hari Raya Idul Fitri menurut Islam, yuk simak! (Foto: Freepik)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Berikut ini merupakan informasi mengenai ucapan yang benar saat Hari Raya Idul Fitri menurut Islam.

Seperti yang diketahui, Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri menjadi salah satu momen yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di Indonesia.

Adapula yang menjadikan momen Idul Fitri ini menjad salah satu kegiatan untuk saling bermaaf-maafan kepada keluarga hingga kerabat.

Di momen seperti ini, biasanya semua orang akan saling mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri atau lebaran.

Baca Juga : 30 Ucapan Idul Fitri 2024 Pakai Bahasa Jawa dan Terjemahannya, Rayakan Lebaran dengan Doa dan Harapan

Dengan menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri merupakan salah satu cara umat Islam untuk tetap bisa menjaga silaturahmi kepada orang terdekat.

Ucapan khas yang sering diucapkan oleh masyarakat Indonesia pada momen lebaran adalah "minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir batin".

Padahal, menurut Nahdlatul Ulama (NU) atau NU Online dalam laman resminya, ucapan tersebut kurang tepat dan tidak memiliki kaitan dengan mohon maaf lahir batin.

Melansir dari NU Online, dijelaskan bahwa ucapan "minal aidzin wal faidzin" sebenarnya memiliki arti yaitu, "Termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang."

Baca Juga : 12 Ucapan Sungkem Idul Fitri 2024 Bahasa Indonesia untuk Orang Tua

Jadi, ucapan tersebut tidak memiliki arti terkait meminta maaf dan memaafkan.

Untuk itu, disarankan untuk umat muslim agar mengucapkan selamat Idul Fitri yang benar menurut Islam dengan ucapan:

"Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair."

Artinya, "Semoga Allah menerima amalan ibadah kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima amalan ibadah. Setiap tahun semoga kamu senantiasa dalam kebaikan."

Akan tetapi, karena ucapan tersebut terlalu panjang, umat muslim dapat mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri dengan ucapan singkat, "taqabbalallaahu minnaa wa minkum."

Jika seseorang mengucapkan "taqabbalallahu minna wa minkum", umat muslim sebaiknya menjawabnya dengan benar, yaitu "minna waminkum taqobbal ya karim" yang berarti, "Ya Allah Yang Maha Mulia terimalah amalan kami dan kamu."

Mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri dengan benar menurut Islam sangat penting karena sebagai umat muslim tentu harus memahami makna dan arti dari setiap kata yang telah diucapkan.

Kumpulan Ucapan Hari Raya Idul Fitri Bahasa Arab Lengkap dengan Terjemahannya

Nah, berikut ini ada sekumpulan ucapan Hari Raya Idul Fitri dengan bahasa Arab lengkap dengan terjemahannya, antara lain:

Taqabbalallahu minna wa minkum, ja alana minal a idin wal fa izin. (Semoga Allah SWT menerima puasa kita selama satu bulan dan menjadikan kita kembali dalam keadaan suci dan termasuk orang-orang yang mendapat kemenangan)

Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair. (Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan)

Taqabbalallahu Minna wa Minkum. Taqabbal yaa Karim. (Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan amal ibadah kalian semua. Terimalah ya (Allah) Yang Maha Mulia.)

Taqabbalallahu minna wa minkum, ja alana minal aidin wal fa izin. (Semoga Allah SWT menerima puasa kita selama satu bulan dan menjadikan kita kembali dalam keadaan suci dan termasuk orang-orang yang mendapat kemenangan)

Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kulla 'amin wa antum bikhoir. (Semoga Allah SWT menerima puasa kita dan semoga kita senantiasa diberkahi kebaikan)

Demikian informasi mengenai ucapan yang benar saat Hari Raya Idul Fitri menurut Islam. Semoga membantu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link