Beranda / Lifestyle

20 Ucapan Idul Fitri 2024 Pakai Bahasa Sunda dan Terjemahannya, Penuh Doa Baik di Hari Fitrah

life.terasjakarta.id - Selasa, 2 April 2024 | 17:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
ucapan selamat Idul Fitri 2024 yang penuh makna dan doa

20 Ucapan Idul Fitri 2024 pakai bahasa Sunda dan terjemahannya. (Foto: canva)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Berikut kumpulan ucapan Idul Fitri 2024 dengan bahasa Sunda lengkap terjemahannya.

Bagi kamu yang berasal dari Jawa Barat, bahasa Sunda sering digunakan untuk mengucapkan selamat Idul Fitri.

Bahasa Sunda memiliki tiga kata yang populer di masyarakat Jawa Barat yakni wilujeng boboran siam yang artinya Selamat Hari Raya Idul Fitri.

Kata tersebut tidak hanya sebagai ucapan melainkan juga disertai doa dan harapan baik di hari yang fitrah.

Baca Juga : Kumpulan Teks Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Arab Lengkap dengan Terjemahannya

Umat Islam perlu mengetahui bahwa Idul Fitri merupakan salah satu perayaan besar bagi umat Islam di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Idul Fitri menjadi perayaan keberhasilan dan kesuksesan dalam menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh.

Pada momen ini, umat Islam juga akan menjalani tradisi bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan kepada keluarga hingga kerabat.

Baca Juga : 30 Ucapan Idul Fitri 2024 Pakai Bahasa Arab Lengkap dengan Artinya, Penuh Doa Kebaikan di Hari Kemenangan

Biasanya umat Islam akan mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada sesama sebagai bentuk silaturahmi.

20 Ucapan Idul Fitri 2024 Pakai Bahasa Sunda

Berikut kumpulan ucapan Idul Fitri 2024 pakai bahasa Sunda lengkap dengan artinya.

1. Wilujeng Boboran Siam 1 Syawal 1445 Hijriah

Artinya: Selamat memperingati Hari Suci Idulfitri 1 Syawal 1445 Hijriah

2. Tawakup anu kasuhun, tumali Boboran Siam 1 Syawal 1445 H

Artinya: Marilah kita lupakan segala kesalahan yang mungkin kita lakukan selama ini. Selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1445 H.

3. Mugia pangersa Bapa miwah kulawarga ngalubarkeun sakumna kalepatan abdi sadaya.

Artinya: Di hari fitri sekarang ini, mari kita saling memaafkan. Selamat berlebaran

4. Tawakup anu kasuhun tina sugrining kalelepatan-kaluluputan abdi sadaya. Wilujeng Boboran Siam.

Artinya: Semoga Allah SWT mengampuni segala kesalahan yang kita lakukan selama ini. Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah.

5. Sugrining runtah kalepatan dina manah, nyeri peurihna ati sanubari, mugia lubar ku silaturahmi. Wilujeng boboram siam.

Artinya: Beribu salah dan perih yang pernah tertoreh dalam hati, semoga terhapuskan oleh silaturahmi. Selamat Idul Fitri.

6. Wilujeng lebaran Lur, hampura lahir tumekaning batin nya. Muga saum tur ibadah urang ditampi ku Robbul'alamin.

Artinya: Selamat lebaran gaes, mohon maaf lahir dan batin. Semoga saum dan ibadah kita diterima Allah.

7. Wening galih nu dipamrih, jembar manah nu dipiwegah. Wilujeng boboran siam 1445 H, kalayan neda dihapunten tina samudayaning kalepatan.

Artinya: Semoga kesuksesan selalu menyertai, kebaikan selalu dipelihara. Selamat tahun baru Islam 1445 H, semoga dimaafkan segala kesalahan dari seluruh umat.

8. Taya basa nu bisa direka, taya saur nu bisa jadi pangjajap catur, lintang ti kedalna ucapan wilujeng boboran siam 1445 H neda dihapunten lahir tumekaning batin.

Artinya: Tidak ada kata yang bisa diucapkan, tidak ada suara yang bisa menjadi pemain catur, bintang-bintang dari kegelapan menyampaikan ucapan selamat tahun baru Islam 1445 H, mohon maaf lahir dan batin.

9. Sadaya jalmi tiasa ngiring boboran, tapi teu sadaya jalami tiasa ngiring Idul Fitri. Mun kitu na abdi nyuhunkeun dihapunten samudaya kalepatan.

Artinya: Semua orang bisa ikut lebaran, tapi tidak semua orang bisa ikut Idul Fitri. Meski begitu, saya meminta dimaafkan semua kesalahan.

10. Kumargi nuju boboran siam, abdi nyuhunkeun pangapunten anu sa ageung-ageung na bilih aya lepat ka anjeun sadaya.

Artinya: Di hari raya Idul Fitri, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya jika ada kesalahan pada kamu semua.

11. Sadaya jalmi tiasa ngiring boboran, tapi teu sadaya jalami tiasa ngiring Idul Fitri. Mun kitu na abdi nyuhunkeun dihapunten samudaya kalepatan.

Artinya: Semua orang bisa ikut lebaran, tapi tidak semua orang bisa ikut Idul Fitri. Meski begitu, saya meminta dimaafkan semua kesalahan.

12. Kedaling rasa nu pinuhku bangbaluh hate, urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meunpeung wanci can mustari. Wilujeng boboran siam 1445 H.

Artinya: Ingin kusampaikan rasa yang penuh dengan yang memenuhi hati, kuungkapkan rasa yang mendalam hingga terasa penuh, selagi sudah tiba waktunya. Selamat Lebaran 1445 H.

13. Galindengna takbir lebaran sapeupeuting, bet asa ngageurihan hate. Ras inget kana salah jeung dosa papada urang. Wilujeng boboran siam 1445 H, Minal aidin wal faidzin.

Artinya: Bunyi takbir Lebaran menggema di sepanjang jalan, hati terasa dipenuhi kedamaian. Rasanya teringat akan kesalahan dan dosa-dosa kita. Selamat tahun baru Islam 1445 H, Mohon maaf lahir dan batin.

14. Sugrining runtah kalepatan dina manah, nyeri peurihna ati sanubari, mugia lubar ku silahturahi. Wilujeng boboran Siam 1445 H. Taqobalallahu minaa waminkum.

Artinya: segala kesalahan di hati, sakit hati semoga terhapus dengan silaturahmi. Selamat idul fitri 1445 H Taqobalallahu minaa waminkum

15. Mugi cukup lumur jembar pangampura bilih aya bobo sapanon carang sapakan neda dihapunten samudaya kalepatan hapunten nu kasuhun.

Artinya: Saya harap cukup untuk menyebarkan kata maaf jika ada kesalahan, tidak peduli berapa banyak yang Anda katakan, Anda akan dimaafkan atas semua kesalahannya.

16. Ngeunteung na raga katineung, nyaliksik diri ngarampa dada bari reureuh milang dosa, breh bula pangharepan geus lekasa poe fitri nembongan. Neda sihapunten.

Artinya: Merefleksikan tubuhnya yang gelap, menatap dirinya sendiri dan menyentuh dadanya sambil menunggu dosa, banteng harapan akhirnya muncul. Neda menyesal.

17. Tayya basa nu bisa direka, taya saur nu bisa jadi panjajap catur, lintang ti kedalna ucapan 'Wilujeng boboran Siam' neda dihapunten lahir tumekanin batin.

Artinya: Gak ada bahasa yang bisa disusun, gak ada kata yang bisa jadi penghantar kata, hanya keluar ucapan 'selamat idul fitri' mohon maaf lahir dan batin.

18. Sadaya jalmi tiasa ngiring Lebaran, tapi teu sedaya jamli tiasa ngiring Idul Fitri, mugi urang kalebet jalmi nu tiasa ngiring Idul Fitri, wilujeng boboran siam 1444 H. Hapunten samudaya kelapatan.

Artinya: Semua orang bisa ikut lebaran, tapi gak semua orang bisa ikut merayakan idul fitri, semoga kita termasuk yang bisa ikut idul fitri, selamat idul fitri 1444 H, Mohon maaf atas semua kesalahan.

19. Hiliwir angin takbir sabada saum akhir, neda sihapunten tina sadaya kalepatan. cuang setrakeun karungsing ku cihampura nu wening, Saninten buah saninten, saninten di parapatan, hapunten abdi hapunten, tina samudaya kalepatan.

Artinya: Tiupan takbir setelah selesai puasa, mohon ampunan dari segala kesalahan. Saya minta maaf, saya minta maaf, saya minta maaf, dari semua kesalahan.

20. Cai soca teu kariksa, raheut manah nu teu kahaja, mugi janten pangampura ucap lampah nu teu kajaga tur samudaya kalepatan. Wilujeng boboran siam 1445 H. Minal aidin wal faidzin, Neda sihapunten lahir sinareng batin.

Artinya: Semoga kesalahan tidak diulangi, keburukan yang tak terhindarkan diampuni, semoga menjadi penebus kesalahan yang tidak terjaga dan keseluruhan umat mendapatkan keberkahan. Selamat tahun baru Islam 144h H. Minal aidin wal faidzin, Mohon maaf lahir dan batin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link