Beranda / Lifestyle

5 Jawaban Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Arab yang Baik dan Penuh Sopan Santun

life.terasjakarta.id - Selasa, 2 April 2024 | 16:20 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Jawaban ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri bahasa Arab tentunya perlu diketahui sebagai bentuk sopan santun ketika ada yang menyampaikan selamat. (Foto: Freepik)

Jawaban ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri bahasa Arab tentunya perlu diketahui sebagai bentuk sopan santun ketika ada yang menyampaikan selamat. (Foto: Freepik)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Jawaban ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri bahasa Arab tentunya perlu diketahui sebagai bentuk sopan santun ketika ada yang menyampaikan selamat.

Perayaan Hari Raya Idul Ftiri menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam.

Tidak hanya itu, Idul Fitri juga dijadikan sebagai momentum untuk merayakan keberhasilan serta kesuksesan dalam menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh.

Ada juga yang menjadikan Hari Raya Idul Fitri sebagai waktu untuk bersilaturahmi, mempererat tali persaudaraan, dan menyebarkan kasih sayang.

Baca Juga : Kumpulan Teks Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Arab Lengkap dengan Terjemahannya

Bahkan adapula yang menjadikan momen Idul Fitri ini menjad salah satu kegiatan untuk saling bermaaf-maafan kepada keluarga hingga kerabat.

Sementara itu, masih ada banyak cara untuk merayakan Idul Fitri, salah satunya dengan memberikan ucapan.

Usai menerima ucapan tersebut, pastinya kita akan membalas dengan jawaban yang baik dan penuh sopan santun.

Karena, dengan menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri merupakan salah satu cara umat Islam untuk tetap bisa menjaga silaturahmi kepada orang terdekat.

Baca Juga : 48 Ucapan Hari Raya Idul Fitri Tulisan Bahasa Arab Beserta Terjemahannya, Cocok Jadi Caption di Media Sosial

5 Jawaban Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Arab

Nah, berikut ini ada beberapa contoh jawaban ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri bahasa Arab yang perlu diketahui agar tidak salah, di antaranya:

  • Apabila ada yang mengucap 'Taqabbalallahu minna wa minkum' maka balaslah dengan kalimat 'Allahumma aamiin minna wa minkum'.  Yang artinya: Amin Ya Allah, semoga Allah menerima ibadah puasa kita dan ibadah puasa kamu.
  • Ucapan 'Eid mubarak' (semoga hari raya ini penuh keberkahan), dibalas dengan 'Allahu yubariku fiik' (semoga Allah juga memberkatimu).
  • Ucapan 'Minal aidin wal faizin' bisa kamu balas dengan kalimat serupa. Atau 'Minas salimiin wal gharimiin'. Yang artinya: Semoga termasuk golongan orang yang sehat dan juga sukses.
  • Ucapan 'Kullu 'amin wa antum bi khair' (semoga tiap-tiap tahun kamu berada dalam keadaan yang baik), Balaslah dengan 'Wa antum bi khair wa bi sihah wa bi salamah'. Yang artinya: Semoga tahun kamu juga senantiasa baik, sehat, dan selamat.
  • Kamu bisa balas ucapan 'Taqabbalallahu minna wa minkum' dengan kalimat yang sama. Artinya: Semoga Allah menerima ibadah puasa kita serta ibadah puasa kamu.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Arab Lengkap dengan Terjemahannya

Sebelum menjawab, tentunya akan ada beberapa orang yang akan memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri dengan menggunakan bahasa Arab, meliputi:

  • Taqabbalallahu minna wa minkum, ja alana minal a idin wal fa izin. (Semoga Allah SWT menerima puasa kita selama satu bulan dan menjadikan kita kembali dalam keadaan suci dan termasuk orang-orang yang mendapat kemenangan)
  • Minal aidin wal faidzin. (Selamat kembali dalam keadaan suci dan meraih kemenangan)
  • Mabruk Allah Eid al-fitr. (Selamat lebaran yang diberkahi oleh Allah)
  • Eid Mubarak lakum wali'ailatakum. (Selamat Idulfitri untuk Anda dan keluarga)
  • Kalimat altasamuh walsalat aljayidat namal ‘an tahmi jmye ‘afrad ‘ayilatik fi hadha alyawm aljayd. (Berbagai kata maaf dan doa baik semoga melindungi semua keluargamu di hari baik)
  • Idul fithri said tabaaraka alaaqatinaa da’iman Allah Subhaanahu wa taa’la. (Selamat Hari Raya Idul Fitri, semoga hubungan kita selalu diberkahi Allah SWT)
  • Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair. (Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan)
  • Kul'am wa-antum bi-khayr. Eid Mubarak! (Semoga Anda bisa merayakannya setiap tahun. Selamat Idul Fitri!)
  • Tanqiat alqalb, watathir alruwh, wafath bab almaghfirat ‘an al’akhta’ wal’akhta’ wal’akhta’ alty kanat mawjudatan ‘alaa al’iitlaq. (Sucikan hati, bersihkan jiwa, bukakan pintu maaf atas kesalahan, kekhilafan, dan kekeliruan yang pernah ada)
  • Mabruk Allah Eid al-fitr, taghfir khatayana fi hadha alyawm adzim. (Selamat Lebaran, semoga dosa kita diampuni di hari besar ini)

Nah, itu saja informasi terkait dengan jawaban ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri bahasa Arab yang baik dan penuh sopan santun. Semoga membantu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link