Beranda / Lifestyle

25 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Jawa dan Artinya, Bisa Dikirim untuk Saudara di Kampung

life.terasjakarta.id - Kamis, 28 Maret 2024 | 11:30 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
25 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Jawa dan Artinya

Ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Jawa dan artinya yang dapat kamu kirimkan untuk saudara di kampung. (Foto: Freepik)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Berikut adalah ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Jawa dan artinya yang dapat kamu kirimkan untuk saudara di kampung.

Seperti yang diketahui, perayaan Hari Raya Idul Ftiri menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam.

Sebab, Idul Fitri sebagai momentum untuk merayakan keberhasilan serta kesuksesan dalam menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh.

Baca Juga : 35 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Arab dan Indonesia Terbaru, Sambung Silahturahmi dengan Doa

Untuk mereka yang tak bisa bertemu dan berjabat tangan secara langsung, tetap bisa bersilahturahmi dengan berikan ucapan selamat Idul Fitri melalui pesan singkat ataupun media sosial.

Menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri merupakan salah satu cara umat Islam untuk tetap menjaga silaturahmi kepada orang terdekat.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan ucapan tersebut melalui status media sosial yang dimiliki.

Baca Juga : 30 Ucapan Idul Fitri 2024 Pakai Bahasa Arab Lengkap dengan Artinya, Penuh Doa Kebaikan di Hari Kemenangan

Banyak ragam gaya bahasa untuk mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri yang bisa kamu kirimkan ke sanak saudara, salah satunya bahasa Jawa.

Bahasa Jawa sendiri biasanya digunakan oleh oranng-orang dari Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan sebagian di Jawa Barat.

Untuk kamu yang ingin mengirimkan ucapan selamat Idul Fitri dengan menggunakan bahasa Jawa, ada banyak referensi yang bisa kamu pakai. Simak informasinya di bawah ini.

Baca Juga : 25 Ucapan Selamat Idul Fitri 2024 Bahasa Arab Lengkap dengan Artinya, Bisa Dikirimkan untuk Keluarga!

25 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Jawa dan Artinya

Berikut adalah contoh sebagian ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri bahasa Jawa dan artinya yang bisa kamu kirimkan ke sanak saudara, di antaranya:

  1. Sugeng Riyadi. Ngaturaken sembah pangabekti kulo, sepinten kalepatan kulo, lampah kulo, paben kulo sakecap ingkang mboten angsal idining sarak. Kulo nyuwun pangapunten mugi lineburo ing dinten riyoyo puniko. (Selamat hari raya. Saya mengucapkan mohon maaf, seberapa kesalahan, langkah saya, sampai ucapan saya yang membuat sakit hati. Saya minta maaf semoga bisa dilebur di hari raya ini)
  2. Ngaturaken Sugeng Riyadi, sedaya kalepatan nyuwun pangapunten. (Menghaturkan (mengucapkan) Selamat Idul Fitri, mohon maaf untuk semua kesalahan)
  3. Kula nyuwun agunging pangapunten sedanten kalepatan lahir dumugining batin mboten langkung ngaturaken sugeng riyadi, mugi Gusti Allah ingkang kuoso paring ridho lan rahmatipun dumateng kito sedoyo. (Mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan lahir hingga batin, saya tak mau mengucapkan selamat, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kepada kita segala rahmat dan karunia-Nya.)
  4. Wonten dinten riyoyo, menawi lepat kulo nyuwun ngapuro. Mugi-mugi Allah maringi pepadang kagem sedoyo. (Ini hari yang baik, jika saya melakukan kesalahan, saya minta maaf. Semoga Allah memberikan pencerahan kepada kita semua.)
  5. Minal aidin wal faizin, salam kagem sedanten sedherek, mugi kita sedaya dados tiyang ingkang langkung migunani. (Minal aidin wal faizin, salam sejahtera saudara semua, semoga kita semua menjadi orang yang lebih bermanfaat.)
  6. Pitik kate rupane putih, pitik alas rupane coklat. Idul Fitri ati menungso bali putih, hawa lan nafsu dikendali kanthi tobat. (Ayam kate warnanya putih, ayam alas warnanya cokelat. Idul Fitri hati manusia kembali pulih, hawa nafsu dikendalikan sampai tobat)
  7. Sugeng Riyadi 1 Syawal 1445 H. Mugi-mugi Allah paring berkah kangge kulo sedoyo. (Selamat hari raya 1 Syawal 1445 H. Semoga Allah memberi berkah kepada kita semua)
  8. Ngaturaken sugeng riyadi, mugi kabehing tumindak riyadi dipunberkahi Gusti, lan badhe nyenengake kalbu sederek sedoyo. (Mengucapkan selamat Idul Fitri, semoga semua kegiatan merayakan Idul Fitri diberkahi oleh Allah, dan membuat hati kita semua bahagia)
  9. Ana kesalahan sing nyoto, diucapke lan rampung. Ing dina sing suci iki, muga-muga sampun kapunten. (Kesalahan ada yang tersirat, yang diucapkan, dan yang dilakukan. Di hari yang suci ini, mohonlah dimaafkan segala salah)
  10. Swaraning kendhang ngiringi takbir ingkang gumunggung muji kaluhuraning Gusti Allah, nggegirisi dinten kemenangan. Kawula makili sekeluarga ngaturaken, minal aidzin wal faidzin, mohon lahir dan batin. Sugeng Idul Fitri. (Suara beduk mengiringi takbir yang menggema memuji kebesaran Allah, menyemarakkan hari kemenangan. Saya mewakili seluruh keluarga mengucapkan, minal aidzin wal faidzin, mohon lahir dan batin. Selamat Idul Fitri kuucapkan)
  11. Mbok bilih gusti Allah sampun mitrahaken manungsa kedah mekaten. Mugi wonten dinten riyaya menika saget sami ngadahi welas asih lan jembar manah. Sugeng riyadi 1 Syawal 1445 H. (Dari Allah sudah fitrahnya manusia melakukan salah. Semoga di hari raya ini bisa sama-sama mempunyai belas kasih dan lapang dada. Selamat 1 Syawal 1445 H)
  12. Ngaturaken sugeng riyaya idul fitri. Nyuwun agunging pangapunten segala lepat. Muga-muga kita kembali fitri kanthi rahmat Allah. Muga-muga ati dilahirke suci lan resik. Kurangi olok-olok supaya bisa nggugurke dosa. (Kuucapkan selamat idul fitri. Mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga kita kembali fitri oleh anugrah Allah. Semoga hati kembali suci dan bersih. Kurangi saling menghina agar dosa diampuni)
  13. Nyuwun agunging pangapuro sedanten kalepatanku lahir lan batin. Lajeng ngaturaken sugeng riyaya idul fitri. (aya memohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan lahir batin. Kemudian, saya ucapkan selamat hari raya idul fitri)
  14. Kanggo ati sing tatu marga landeping ilat. Kanggo sing tatu marga sikap dan tingkah laku. Mugo-mugo tansah winengku ing karahayon lan widada sambikala. (Bagi hati yang terluka karena kata-kata. Bagi jiwa yang tersakiti karena sikap dan tingkah laku yang buruk. Semoga diampuni, mohon maaf lahir batin)
  15. Kula ngaturaken pangabekti dhateng panjenengan. Ugi nyuwun pangapunten sadeleme manah dumateng sedaya agengipun kalepatan tindak tanduk ingkang ketingal lan mboten ketingal. Mugi Allah ngampuni dosa kula lan panjenengan ing dinten riyaya. (Saya mengucapkan rasa hormat. Juga memohon maaf dan belas kasihnya terhadap semua kesalahan saya yang banyak, yang terlihat dan tidak. Semoga Allah menghapus dosa kita di hari raya)
  16. Ing dino suci iki kula aturaken sugeng Idul Fitri. Mugi-mugi barokah saha rahmat kaparingaken dhumateng kita. (Pada hari yang suci ini, saya ucapkan selamat hari raya idul fitri. semoga berkah dan rahmat melimpahi kita)
  17. Sugeng riyaya. Derek dipangpura ingkang sampun kelampahan. Kula nyuwun ngapunten saking pitutur dan tindak tanduk ingkang mboten kepranan. (Selamat hari raya. Mohon agar dimaafkan kesalahan yang sudah dilakukan. Mohon maaf atas lisan dan perilaku yang tidak mengenakkan hati)
  18. Wong dosa sing paling apik yaiku sing gelem mratobat. Ana apike ngapurani kabeh manungsa sing pernah nglarani ati. (Sebaik-baiknya pendosa adalah yang bersedia bertaubat. Ada baiknya memberikan ampun bagi siapa pun yang pernah menyakiti)
  19. Sawise Ramadhan, teka dina suci kamenangan. Dina kanggo maringi pangapura kabeh kesalahane liyan. Ngaturaken sugeng idul fitri, mugi-mugi kita malih suci lan pikantuk rahmat saking Allah. (Setelah ramadhan, datanglah hari kemenangan yang suci. Hari untuk saling memaafkan semua kesalahan. Saya ucapkan selamat lebaran, semoga kita kembali suci dan mendapatkan rahmat dari Allah)
  20. Dina kamenangan sampun dumugi, sakderengipun kasep keparenga kula nyuwun pangapunten kanthi tulusing manah. Sugeng riyadi. (Hari kemenangan telah tiba, sebelum semuanya terlambat izinkanku untuk memohon maaf dengan hati yang tulus. Selamat hari raya)
  21. Ora ana peparing sing paling apik lan paling mulya, kajaba pangapunten saka sampeyan. Sugeng Riyaya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. (Tidak ada pemberian yang paling baik dan paling mulia, selain maaf darimu. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin)
  22. Sugeng Riyadi 1 Syawal 1444 H kagem sedoyo. Anggene kulo mitutur kalian bersikap kathah luput, kulo nyuwun agungipun pangapunten. (Selamat Hari Raya 1 Syawal 1444 H untuk semuanya. Banyaknya kata dan sikap yang tidak sengaja, saya minta maaf yang sebesar-besarnya)
  23. Dumatheng kulo ugi nggadah katha salah kaliyan panjenengan, nyuwun pangapunten. Mugi saget dados tiang ingkang suci kan Mugi seger waras mawon. (Apabila saya punya salah banyak kepada kalian semua, saya mohon maaf. Semoga bisa menjadi orang yang suci dan sehat selalu)
  24. Sugeng Riyadi 1 Syawal 1444 H. Mugi-mugi Allah paring berkah kangge kulo sedoyo. (Selamat hari raya 1 Syawal 1444 H. Semoga Allah memberi berkah kepada kita semua)
  25. Tindakan kulo ingkang klentu, lampahan kulo ingkang njalaraken lara ati, mugi-mugi tansah dipun ngapuntenaken amargi sedoyo menika kulo lampahaken inggil dhasar tresna lan asih dhateng panjenengan. Sugeng Riyadi. (Tindakan saya yang salah, langkah saya yang membuat sakit hati, semoga diberi maaf. Karena saya sayang kepada saudara semua. Selamat hari raya)

Itu saja informasi mengenai ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri bahasa Jawa dan artinya yang perlu diketahui. Semoga membantu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link