Beranda / Lifestyle

Hari Puisi Sedunia 21 Maret, Ini Sejarah dan Tokoh Penyair Indonesia yang Legendaris

life.terasjakarta.id - Kamis, 21 Maret 2024 | 12:35 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Puisi Hari Guru

Hari Puisi Sedunia 21 Maret dan tokoh penyair legendaris di Indonesia. (Foto: Freepik)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Hari Puisi Sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 21 Maret.

Hari Puisi Sedunia didedikasikan untuk memperingati keindahan, kekuatan, dan pentingnya puisi dalam budaya manusia.

Hari Puisi Sedunia juga menjadai perayaan keanekaragaman puisi dari berbagai budaya, bahasa, dan tradisi di seluruh dunia.

Hampir setiap orang pasti pernah membuat puisi dengan rangkaian kata-kata indah dan penuh makna yang mampu menginspirasi pembaca ataupun pendengar.

Baca Juga : Mengenal Sosok Chairil Anwar

Selain itu, Hari Puisi Seduni ini juga menjadi salah satu penghargaan untuk para tokoh penyair yang berperan melahirkan karya yang memotivasi ke masyarakat.

Yuk kita belajar tentang sejarah dan tokoh penyair Indonesia yang terkenal dan legendaris.

Sejarah Hari Puisi Sedunia

Hari Puisi Sedunia bermula pada tahun 1999, ketika UNESCO dalam konferensi umum ke-30 di Paris mendeklarasikan bahwa 21 Maret sebagai perayaan puisi internasional World Poetry Day atau Hari Puisi Sedunia.

Puisi pertama yang diyakini muncul pada "Epik Gilgamesh' sekitar tahun 2000 SM. Kendati demikian, kemungkinan besar puisi telah berkembang sebelum penyebaran literasi.

Tujuan utama puisi sendiri adalah mengeksplorasi pengalaman manusia sehingga mampu membangkitkan emosi melalui kata-kata.

Baca Juga : Rekomendasi Kumpulan Buku Puisi Terbaik yang Wajib Dibaca

Puisi telah menjadi bagian integral dari budaya manusia sejak zaman kuno. Dalam setiap budaya, puisi telah digunakan untuk menyampaikan gagasan, perasaan, dan pengalaman manusia dengan cara yang puitis dan artistik. 

Dengan mendirikan Hari Puisi Sedunia, UNESCO juga bertujuan untuk memberikan pengakuan yang layak kepada puisi sebagai salah satu bentuk ekspresi yang paling khas dan kuat dalam budaya manusia.

Indonesia mempunyai banyak penyair populer yang karya-karyanya hingga saat ini masih diburu pecinta puisi dan masih dikenal luas masyarakat.

Tokoh Penyair di Indonesia yang Populer

1. Chairil Anwar

Chairil Anwar menjadi salah satu penyair terkenal di Indonesia yang mempunyai segudang karya puisi populer.

Chairil Anwar dijuluki sebagai Si Binatang Jalang dalam karya puisinya yang berjudul "Aku", ia juga dikenal dengan puisi-puisinya yang penuh vitalitas.

Melalui karya-karyanya yang penuh makna dan perasaan, Chairil Anwar telah berhasil menginspirasi banyak orang dan menjadikannya salah satu ikon sastra Indonesia yang tidak tergantikan.

Nama Chairil Anwar juga tidak akan lepas dari sejarah dan juga peringatan Hari Puisi Nasional, nama dirinya selalu terlintas dibenak masyarakat saat mengingat Hari Puisi Nasional.

2. Sapardhi Djoko Damono

Prof. Dr, Sapardi Djoko Damano adalah seorang penyair terkenal lainnya di Indonesia. Ia dikenal dengan puisi-puisinya yang menggunakan kalimat dan kata-kata sederhana.

Karya-karya yang terkenal ini disebut sebagai 'Sajak-Sajak SDD'.

Adapun karya puisi terbaik Sapardi Djoko Damano yakni sebuah puisi dengan judul 'Aku Ingin', yang sampai saat ini masih melekat di hati pembaca walaupun sang penyair telah tiada pada tahun 2020 lalu.

3. Wiji Thukul

Wiji idodo atau terkenal dengan Wiji Thukul adalah penyair Indonesia yang sebelumnya berprofesi sebagai tukang pelitur.

Ia kemudian mulai dikenal menjadi penyair sejak dirinya sering mendeklarasikan puisi di hadapan teman-temannya.

Wiji Thukul banyak menciptakan puisi tentang kehidupan, keluarga, hingga kondisi Indonesia. Namun dirinya kini telah menjadi salah satu orang yang hilang tahun 1998 pada masa orde baru.

Wiji Thukul hilang lantaran puisinya yang terlalu tajam dan mengkritik zaman orde baru saat itu.

4. W.S Rendra

Willibrordus Surendra Broto atau W.S Rendra, merupakan sastrawan tersohor di Indonesia dan luar negeri.

Menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada dan mendapat gelar Doctor Honoris Causa, ia lebih gemar disebut sebagai penyair.

W.S Rendra mulai berkarya pada tahun 1950-an dengan menulis sejumlah majalah. Tak hanya puisi, beliau kerap menulis esai, cerpen, skenario drama dan karya sastra lainnya. 

W.S Rendra kemudian dijuluki dengan sebutan 'Burung merak'.

Salah satu karya puisi terbaiknya adalah 'Kangen'.

5. Joko Pinubro

Seorang penyair terkemuka lainnya dari Indonesia yang masih aktif sampai sekarang, Joko Pinurbo. Karya puisinya adalah perpaduan antara ironi, narasi serta humor.

Memiliki banyak karya puisinya, tak heran bila semuanya dijadikan satu menjadi kumpulan sajak, diantaranya ada 'Celana', 'Buku Latihan Tidur' dan 'Perjamuan Khong Guan'.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link