Beranda / Lifestyle

Makan Buah Durian Bisa Sebabkan Hipertensi? Simak Penjelasannya

life.terasjakarta.id - Senin, 5 Juni 2023 | 15:10 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Makan Durian Bisa Sebabkan Hipertensi. (Foto: Freepik)

Makan Durian Bisa Sebabkan Hipertensi. (Foto: Freepik)

Penulis : Esil Yulinar
Editor : Esil Yulinar

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Saat musim durian tiba, kerap muncul pertanyaan bagi orang yang memiliki masalah hipertensi.

Buah durian termasuk salah satu buah yang disukai beberapa orang. Sebab, buah durian memiliki rasa manis, sedikit pahit, teksturnya creamy dan aromanya sangat khas.

Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa mengonsumsi buah durian bisa menyebabkan hipertensi atau darah tinggi.

Baca Juga : Manfaat Kangkung untuk Kesehatan, Mulai dari Mata sampai Kulit

Namun sebenarnya mengonsumsi buah durian tidak bisa menyebabkan hipertensi, hanya saja bisa menyebabkan hipertensi jika mengonsumsinya berlebihan.

Melansir dari National Nutrition Council Philippines, diketahui bahwa mitos buah durian dapat menyebabkan hipertensi dari anggapan durian tergolong buah yang "panas" sehingga dapat meningkatkan suhu tubuh dan tekanan darah.

Tetapi melalui penelitian dan penjelasan dari ahli gizi, mitos tersebut telah dipatahkan, lantaran menurut tim peneliti dari Universiti Kebangsaan Malaysia, dalam penelitian Effects of Durian Intake on Blood Pressure and Heart Ratwe mengungkapkan bahwa orang sehat yang makan durian kurang dari 250 gram tekanan darah yang dimilikinya tetap sama.

Baca Juga : 5 Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Atasi Perut Kembung

Sementara jika orang mengonsumsi buah durian lebih dari 500 gram, selang setengah hingga dua jam setelah mengonsumsinya tekanan darahnya akan sedikit naik.

Bahkan menurut ahli, karena kandungan buah durian memiliki kalium atau potasium tinggi maka lonjakan tekanan darah setelah makan durian tidak terlalu signifikan.

Setelah porsi yang berlebihan tingginya kandungan gula dalam buah durian akan menyebabkan kenaikan pada tekanan darah. Hal ini diketahui pada ahli menengarai.

Baca Juga : Kenali Manfaat Vitamin D3 untuk Kesehatan Tubuh

Sebenarnya bukan hanya mengonsumsi buah durian saja namun orang yang mengonsumsi asupan tinggi gula secara berlebihan, seperti minuman manis, donat, soda, atau aneka kue hidangan penutup juga akan merasakan tekanan darahnya naik.

Kandungan Gizi Durian

Melansir dari Fatsecret, diketahui bahwa buah durian per 100 gram memiliki kandungan gizi, di antaranya kalori 147 kkal, lemak 5,33 gram, kolestrol 0 miligram, protein 1,47 gram, karbohidrat 27,09 gram, serat 3,8 gram, sodium 2 miligram, dan kalium atau potasium 436 mikrogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link