Beranda / Lifestyle

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Ini Kandungannya

life.terasjakarta.id - Senin, 5 Juni 2023 | 10:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Manfaat dan kandungan buah pepaya. (Foto: Freepik)

Manfaat dan kandungan buah pepaya. (Foto: Freepik)

Penulis : Esil Yulinar
Editor : Esil Yulinar

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Buah pepaya memiliki yang kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari Draxe, buah pepaya berasal dari familili Caricaceae dan secara ilmiah bernama Carica Papaya.

Melansir dari Healthline diketahui juga bahwa dalam buah pepaya memiliki banyak kandungan nutrisi yakni vitamin, mineral, flavonoid, dan antioksidan.

Baca Juga : Lezat! Ini Resep Udang Saus Mentega Buat Bekal Kantor, Mudah dan Praktis

Layaknya buah-buahan tropis lainnya, pepaya mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, salah satu kandungan yang juga dimiliki buah pepaya adalah enzim papaian, di mana enzim tersebut sebagai pemecah rantai protein keras yang ditemukan dalam daging otot.

Oleh karena itu, kandungan tersebut bermanfaat untuk melunakkan daging sejak ribuan tahun lalu.

Bukan hanya itu, buah pepaya juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, berupa kalori 59 kcal, serat 3 gram, karbohidrat 15 gram, protein 1 gram, vitamin C 157 persen dari RDI, Folat atau vitamin B9 14 persen dari RDI, vitamin A 33 persen dari RDI, dan kalium 11 persen dari RDI.

Baca Juga : Alasan Sarapan Bubur Bisa Bikin Perut Cepat Lapar, Benarkah?

Bahkan, dalam buah pepaya juga memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan vitamin B1, B3, B5, E dan K.

Maka dari itu, dengan memiliki banyak kandungan nutrisi, buah pepaya ini menjadi salah satu buah yang sangat cocok untuk dikonsumsi setiap harinya lantaran mampu memberi banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Terasjakarta.id telah merangkum dari berbagai sumber ada beberapa manfaat dari buah pepaya itu sendiri, di antaranya:

Baca Juga : Sinopsis Film The Outlaws 3, Pecahkan Rekor Tembus 4 Juta Penonton

1. Menurunkan Kolestrol

Buah pepaya bisa membantu cegah peningkatan kolestrol pada arteri lantaran buah pepaya kaya akan serat, antioksidan, dan vitamin C.

Pasalnya dengan kadar kolestrol terlalu banyak dalam darah juga bisa menyebabkan sebagian penyakit koroner, seperti hipertensi, serangan jantung, dan stroke.

Bahkan buah pepaya yang kaya akan seran juga bisa membantu mengontrol tekanan darah dan mengatur kadar kolestrol LDL dalam darah.

Baca Juga : Link Nonton Anime Hell's Paradise: Jigokuraku Episode 9, Nyawa Gabimaru Hampir Melayang Lawan Zhu Jin

2. Meningkatkan Pencernaan

Membantu meningkatkan sistem pencernaan adalah manfaat buah pepaya yang sudah banyak diketahui, di mana buah pepaya bisa mencegah dari sembelit dan mengurangi kembung.

Pasalnya buah pepaya mengandung 88 persen air yang membuat tubuh terhidrasi.

Bahkan dengan memiliki kandungan serat yang tinggi bisa mendorong meningkatkan keteraturan buang air besar secara teratur sekaligus menurunkan risiko kanker usus besar.

Baca Juga : 15 Contoh Soal Pretest PPG Terbaru 2023 Beserta Kunci Jawabannya

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Buah pepaya bisa mengurangi risiko terkenanya penyakit jantung lantaran mengantung sarat dengan vitamin C dan potasium atau kalium.

Vitamin C sendiri adalah mikronutrien penting yang bertindak sebagai antioksidan yang melindungi dari dari kerusakan akibat radikal bebas.

Bahkan vitamin C juga bisa melindungi terhadap oksidasi kolestrol yang mengurangi kemampuan kolestrol untuk membentuk plak di dinding arteri.

Baca Juga : Ini Arti Pelan Pelan Pak Sopir yang Viral di TikTok, Simak Penjelasannya

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah pepaya mengandung vitamin C yang tinggi, yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu melawan infeksi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Menurut National Institute of Health, Vitami C (asam askorbat) adalah antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat menangkal penyakit dan infeksi, dan juga dapat mendukung penyembuhan luka.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam pepaya juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C membantu menghasilkan kolagen, yang membuat kulit terlihat lebih kencang dan bercahaya.

Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

Baca Juga : Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2023, Lengkap dengan Kunci Jawaban

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buah pepaya kaya akan vitamin K, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K membantu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh, yang membuat tulang menjadi lebih kuat.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Pepaya mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, C, dan E, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu mencegah degenerasi makula, sementara vitamin C dan E melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga : 3 Fakta Menarik Drama HI BYE MAMA (2020), Peran Jo Seo Woo Ternyata Laki-laki

8. Mencegah Radang Sendi

Pepaya mengandung papain, sebuah bahan kimia alami anti-inflamasi yang dapat ditemukan di dalam buah.

Papain terbukti bermanfaat dalam menurunkan nyeri dan kekakuan pada sendi, sehingga dengan memakan buah pepaya dapat bermanfaat bagi penderita radang sendi.

Meskipun banyak manfaat yang bisa didapatkan saat mengonsumsi buah pepaya, namun ada juga efek samping yang dapat memicu reaksi alergi lateks pada sebagian orang.

Pepaya diketahui mengandung zat yang disebut Kitinase yang berhubungan erat dengan reaksi silang antara buah dan lateks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link