Beranda / Lifestyle

Keutamaan Takbir Idul Fitri Dapat Menjaga Kehormatan, Ini Bacaan Lengkapnya

life.terasjakarta.id - Kamis, 6 April 2023 | 12:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Keutamaan takbir Idul Fitri dapat menjaga kehormatan serta selalu mengingat Allah dan beryukur padanya. (My passion toward landscape photography)

Keutamaan takbir Idul Fitri dapat menjaga kehormatan serta selalu mengingat Allah dan beryukur padanya. (My passion toward landscape photography)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Takbir saat Idul Fitri merupakan seruan atau panggilan bagi kaum muslim untuk merayakan hari yang penuh suka cita, yang menandakan berakhirnya bulan Ramadan dan tiba hari raya Idul Fitri.

Takbir dapat berupa ungkapan syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikannya kepada umat muslim di seluruh dunia.

Takbir sendiri di Indonesia sering dikumandangkan saat bulan Ramadan sebagai bentuk untuk memeriahkan bulan yang penuh ampunan dan kemuliaan.

Baca Juga : 15 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Penuh Makna dan Doa

Namun, dibalik seruan takbir terdapat keutamaan yang sangat penting bagi kehidupan umat Islam, yakni sebagai bentuk untuk terus mengingat Allah SWT.

Dalam takbir, kita mengucapkan Allahu Akbar, yang artinya Allah Maha Besar, hal ini mengingatkan kita bahwa tidak ada yang lebih besar dari Allah dan segala sesuatu yang kita miliki berasal dari-Nya.

Selain sebagai pengingat Allah, takbir juga memiliki keutamaan lain yaitu untuk menguatkan iman seluruh umat muslim, dalam takbir kita mengucapkan Laa ilaaha illallah, yang artinya tidak ada Tuhan selain Allah.

Baca Juga : Doa Lailatul Qadar Arab dan Artinya, Malam Penuh Pengampunan dan Keberkahan Allah SWT

Hal tersebut bertujuan mengingatkan kita bahwa hanya Allah yang layak untuk disembah, dan memperkuat keyakinan kita bahwa hanya Allah-lah yang berhak untuk dijadikan sebagai tujuan hidup.

Seruan takbir juga menjadi suatu pengingat untuk menjaga kehormatan diri dan orang lain, dalam suasana ini kita diingatkan untuk tidak merugikan oang lain dan tetap menjaga kesopanan.

Berikut lafal lengkap takbir Idul Fitri yang bisa diserukan sebanyak tika kali menurut anjuran Imam An-Nawai dalm kitan Al-Majmu' Syahrul Muhadzdzab.

Baca Juga : Kumpulan Doa Puasa di Bulan Ramadan yang Wajib Dihafal

اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar

Artinya: Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar.

Selain tiga takbir ini, bacalah dzikir takbir yang Rasulullah SAW di bukit Shafa diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Baca Juga : Doa Sambut Ramadan Sesuai Sunnah Rasulullah SAW, Arab dan Latinnya 

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الِلّٰهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَلَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الكَافِرُوْنَ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الاَحْزَابَ وَحْدَهُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ 

Allahu akbar kabira, walhamdu lillahi katsira, wa subhanallahi bukratan wa ashila, la ilaha illallahu wa la na‘budu illa iyyahu mukhlishina lahud dina wa law karihal kafirun, la ilaha illallahu wahdah, shadaqa wa‘dah, wa nashara ‘abdah, wa hazamal ahzaba wahdah, la ilaha illallahu wallahu akbar.

Artinya: Allah maha besar. Segala puji yang banyak bagi Allah. Maha suci Allah pagi dan sore. Tiada tuhan selain Allah. Kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya, memurnikan bagi-Nya sebuah agama meski orang kafir tidak menyukainya. Tiada tuhan selain Allah yang esa, yang menepati janji-Nya, membela hamba-Nya, dan sendiri memorak-porandakan pasukan musuh. Tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar.

Baca Juga : Kapan Malam Nisfu Syaban 2023? Catat Doa yang Perlu Dibaca

Adapun lafal takbir yang cukup sering dikumandangkan oleh masyarakat di Indonesia dan baik untuk dibacakan sebagai berikut.

اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ 

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. La ilaha illallahu wallahu akbar. Allahu akbar wa lillahil hamdu.

Artinya: Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar. Tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar. Segala puji bagi-Nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link