Beranda / Lifestyle

Adzan Subuh Masih Makan Sahur? Simak Hukumnya

life.terasjakarta.id - Selasa, 28 Maret 2023 | 22:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Hukum menunaikan sahur saat adzan subuh. (iStock/ferlistockphoto)

Hukum menunaikan sahur saat adzan subuh. (iStock/ferlistockphoto)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Dalam menjalankan ibadah Ramadan umat muslim perlu mengatur pola waktu yang baik.

Saat bulan Ramadan umat muslim seharusnya telah mengatur pola waktu yang baik, karena di bulan ini umat muslim diharuskan membagi waktunya untuk tunaikan ibadah Ramadan seperti yang dianjurkan Rasulullah SAW.

Pada bulan ini, kita diharuskan bangun tengah malam untuk tunaikan sahur sebelum terbitnya fajar atau matahari.

Baca Juga : Simak 5 Manfaat Menunaikan Sahur Bagi Kesehatan Tubuh

Sahur dalam islam merupakan kegiatan makan malam terakhir sebelum menjalankan ibadah puasa dari fajar hingga matahari terbenam.

Sahur kerap dilaksanakan ketikan menjelang waktu subuh, namun banyak juga yang telat bangun diwaktu tersebut hingga melewatkan waktu sahur.

Baca Juga : Hindari 5 Jenis Makanan Ini saat Berbuka dan Sahur

Ibadah sahur ini juga merupakan sunnah Rasulullah SAW dalam tunaikan ibadah puasa, batasan waktu tunaikan sahur ini juga telah ditentukan dalam Al-Quran dan juga hadist Nabi.

Melansir dari Kementerian Agama (Kemenag) bahwa sunnah sahur dilakukan saat mendekati terbit fajar, hal ini juga telah dijelalaskan dalam hadist Riwayat Anas bin Malik dari Zahid bin Tsabit.

"Kami makan sahur bersama Rasulullah Saw, kemudian kami berdiri untuk melaksanakan sholat. Aku (Anas bin Malik) berkata: "Berapa perkiraan waktu antara keduanya (antara makan sahur dengan shalat fajar)?" Zahid bin Tsabit berkata: seperti waktu yang dibutuhkan untuk membaca 50 ayat".

Baca Juga : Tips Memilih Makanan saat Sahur Agar Tubuh Tetap Bertenaga

Qur'an surat Al Baqarah ayat 187, menjelaskan bahwa batas waktu sahur adalah saat fajar tiba, sementara itu, adzan subuh dikumandangkan saat terbit fajar.

"Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar" Q.S Al Baqrah:187

Banyak tafsir yang beredar tentang waktu terbit fajar menimbulkan banyak pertanyaan dan keraguan, namun dalam hadist riwayat Abu Daud dijelaskan bahwa makan ketika suara adzan subuh berkumandang masih diperbolehkan.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Menu Sahur Sederhana, Cocok untuk Anak Kos

Rasulullah SAW bersabda "Jika salah seorang di antara kalian mendengar adzan sedangkan sendok terakhir masih ada di tangannya, maka janganlah dia meletakkan sendok tersebut hingga dia menunaikan hajatnya hingga selesai." dari HR. Abu Daud 2350.

Dari hadist tersebut apabila masih dapat keraguan tentang terbitnya fajar, maka sahur tetap diperbolehkan, jika sudah yakin akan terbitnya fajar maka disarankan untuk berhenti lakukan sahur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link