Beranda / Lifestyle

Tips Menyambut Ramadan 2023, Siapkan Diri hingga Menyingkirkan Hal Negatif 

life.terasjakarta.id - Selasa, 21 Maret 2023 | 21:30 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Tips menyambut Ramadan 2023 dengan baik dan penuh berkah selama satu bulan penuh.  (iStock)

Tips menyambut Ramadan 2023 dengan baik dan penuh berkah selama satu bulan penuh. (iStock)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Tak terasa sebentar lagi umat muslim akan menyambut Ramadan, bulan yang penuh berkah.

Di Ramadan 2023 ini, umat muslim akan berpuasa selama satu bulan penuh dengan melakukan berbagai amalam baik yang dapat mendatangkan pahala.

Bagi umat muslim, bulan Ramadan juga menjadi ajang perlombangan untuk meraih keberkahan dalam menjalankan setiap amalan yang dilakukan.

Baca Juga : 10 Ucapan Menyambut Puasa Ramadan 2023, Cocok Dibagikan ke Media Sosial

Untuk mendapatkan keberkahan di bulan Ramadan 2023, umat muslim juga harus memperhatikan beberapa hal yang harus dipahami dan dilakukan.

Di bulan yang suci, umat muslim terlebih dahulu mempersiapkan diri dengan baik agar bisa mengoptimalkan ibadah di bulan suci.

Oleh sebab itu, sebagai umat muslim perlu mempersiapkan diri dengan baik dalam menyambut Ramdan 2023.

Sejumlah persiapan yang dilakukan nantinya akan dapat mengoptimalkan umat muslim dalam melakukan ibadah di bulan suci ini.

Baca Juga : Tradisi Pawai Obor Sambut Bulan Ramadan

Untuk itu, berikut tips menyambut bulan Ramadan 2023.

1. Menyiapkan Diri Secara Mental, Fisik, dan Spiritual

Sebelum menyambut bulan Ramadan 2023, disarankan untuk mempersiapkan diri secara mental, fisik, dan spiritual untuk berpuasa selama sebulan penuh.

Baca Juga : Jadwal Imsakiyah Kemenag untuk Bulan Ramadan 1444 H

Umat muslim bisa menyesuaikan jadwal makan dan tidur beberapa minggu sebelumnya untuk membantu tubuh untuk beradaptasi.

Selain itu, memperbanyak ibadah kepada Allah SWT karena ibadah dan amalan yang dilakukan di bulan Ramadan bisa mendapatkan pahala yang besar.

Mempersiapkan diri dari sisi spiritual untuk menyambut Ramadan 2023 dapat dilakukan dengan meluangkan waktu menyempurnakan doa serta membaca Al-Quran.

Tak hanya itu, umat muslim juga dapat mempelajari surat-surat baru yang dibaca selama melakukan ibadah salat, membiasakan membaca Al-Quran setelah salat serta mempelajari isinya.

Baca Juga : 6 Amalan Puasa Ramadan yang Dicontohkan Rasulullah SAW

2. Meningkatkan Kegiatan Sosial bersama Komunitas

Selain mempersiapkan diri secara fisik, mental, serta spiritual, berbagai kegiatan sosial juga bisa dilakukan untuk menyambut bulan Ramadan 2023.

Sejumlah kegiatan sosial bisa dilakukan, seperti bergabung bersama komunitas, mengenal tetangga sekitar, hingga berpartisipasi dalam memeriahkan bulan Ramadan 2023.

Baca Juga : Jelang Ramadan 2023, Ketahui Nutrisi yang Tepat Agar Tidak Lemas Selama Berpuasa

Kegiatan yang dilakukan selama Ramadan dapat meliputi dengan menggalang donasi, merencanakan kegiatan berbagi bersama, belajar ilmu agama, belajar mengaji bersama di masjid, dan berbagi pengetahuan yang bermanfaat dengan orang lain.

3. Beramal

Beramal sosial juga menjadi salah satu cara untuk menyambut bulan Ramadan. Umat muslim bisa meningkatkan amal sosial karena bulan Ramadan merupakan waktu yang baik.

Amal sosial dapat dilakukan dengan memberikan sedekah, membantu orang yang membutuhkan, hingga berpartisipasi dalam program amal maupun penggalangan dana.

Baca Juga : Ini Dia 5 Kue yang Wajib Ada Saat Ramadan 

4. Menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan fisik maupun mental sangat penting bagi umat muslim selama bulan Ramadan tiba.

Sebelum Ramadan, pentingnya memeriksa kembali kondisi tubuh dan pikiran untuk memastikan harus atau tidaknya memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan.

Baca Juga : Kumpulan Doa Puasa di Bulan Ramadan yang Wajib Dihafal

Bagi umat muslim yang memiliki kondisi medis atau penyakit maka disarankan untuk memastikan jadwal yang sesuai untuk mengonsumsi obat saat berpuasa.

Namun, apabila tidak memiliki masalah kesehatan, maka dapat mempersiapkan diri dengan mengatur pola makan yang seimbang dan olahraga teratur.

5. Menyingkirkan Hal Negatif

Dalam menyambut bulan Ramadan 2023, umat muslim harus menyingkirkan segala aktivitas, perbuatan, dan kebiasaan negatif lainnya.

Baca Juga : Kumpulan Doa Puasa di Bulan Ramadan yang Wajib Dihafal

Hal itu perlu dilakukan karena saat berpuasa, umat muslim tidak hanya diperintahkan untuk menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga menahan diri dari kemarahan dan perbuatan yang menyakitkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link