Beranda / Lifestyle

Jadwal Imsakiyah Kemenag untuk Bulan Ramadan 1444 H

life.terasjakarta.id - Senin, 20 Maret 2023 | 13:15 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Jadwal imsakiyah dan salat ini sudah dapat diakses secara publik melalui laman resmi Direktorat Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama. (bimasislam.kemenag.go.id)

Jadwal imsakiyah dan salat ini sudah dapat diakses secara publik melalui laman resmi Direktorat Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama. (bimasislam.kemenag.go.id)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Menjelang Ramadan 1444 Hijriah, Kementerian Agama telah menerbitkan jadwal salat lima waktu dan jadwal imsakiyah untuk bulan puasa nanti.

Jadwal imsakiyah dan salat ini sudah dapat diakses secara publik melalui laman resmi Direktorat Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama.

Namun demikian, pemerintah dan Kemenag baru akan menentukan 1 Ramadan 1444 H di Indonesia lewat sidang isbat berdasarkan pemantauan hilal atau posisi bulan yang rencananya akan digelar pada Rabu, 22 Maret 2023.

Dari pantauan web resmi Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama, khusus untuk wilayah DKI Jakarta, jadwal imsak di kota ini berada di rentang waktu pukul 04.27 WIB hingga 04.32 selama sebulan penuh.

Baca Juga : Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2023 Beserta Jadwal Buka Puasa Ramadhan 1444 H

Untuk waktu berbuka puasa atau azan Maghrib di wilayah Jakarta berada di pukul 17.53 WIB sampai 18.05 WIB selama sebulan di bulan Ramadan.

Untuk contoh, di hari 1 Ramadan nanti, jadwal imsak akan jatuh pada pukul 04.32 WIB. Sementara jadwal Maghrib pada pukul 18.05 WIB.

Di tanggal 17 Ramadan, jadwal imsak pada pukul 04.29 WIB. Sedangkan, waktu maghrib pada pukul 17.58 WIB.

Baca Juga : Apa itu Jadwal Imsakiyah? Cari Tahu!

Untuk di hari terakhir puasa, tepatnya pada 30 Ramadan, jadwal imsak diperkirakan pada pukul 04.27 WIB dan Maghrib jatuh pukul 17.53 WIB.

Di website Bimas Kemenag ini tidak hanya menampilkan waktu imsakiyah di wilayah Jakarta saja, namun web ini juga mempublikasikan jadwal imsak dan jadwal salat lima waktu untuk seluruh wilayah dan kabupaten di 34 provinsi Indonesia secara detail dan merinci.

Pengunjung situs resmi Bimas Kemenag juga bisa memanfaatkan fitur untuk memilih jadwal imsak dan salat untuk kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Seperti layanan yang diterbitkan Kemenag itu juga dapat diunduh dlaam bentuk format Excel.

Baca Juga : 6 Amalan Puasa Ramadan yang Dicontohkan Rasulullah SAW

Sebelumnya, diketahui bahwa imsakiyah sendiri berisi mengenai jadwal informasi salat lima, waktu dimulai berbuka puasa, jam berbuka puasa saat bulan Ramadan.

Dengan adanya jadwal imsakiyah ini sangat memudahkan orang-orang untuk menjalani puasa dengan teratur.

Sementara, imsak juga menjadi salah satu waktu yang dianggap sebagai salah satu penanda waktu puasa telah dimulai. Dan, waktu imsak juga hanya ada di bulan Ramadan saja.

Baca Juga : Doa Berbuka Puasa Ramadan, Cara yang Benar Sesuai Sunnah Rasulullah

Karenanya, jadwal imsakiyah dari Kemenag juga digunakan sebagai acuan atau pengingat bahwa waktu sahur telah berakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link