Beranda / Lifestyle

6 Amalan Puasa Ramadan yang Dicontohkan Rasulullah SAW

life.terasjakarta.id - Senin, 20 Maret 2023 | 08:30 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Mengikuti amalan puasa Ramadan yang dicontohkan Rasulullah SAW dapat memperoleh ganjaran pahala dari Allah SWT. (Unsplash/@Ali Burhan)

Mengikuti amalan puasa Ramadan yang dicontohkan Rasulullah SAW dapat memperoleh ganjaran pahala dari Allah SWT. (Unsplash/@Ali Burhan)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Puasa Ramadan merupakan salah satu momentum bagi umat muslim untuk mencari dan mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.

Karena, bulan puasa Ramadan ini juga disebut sebagai bulan yang penuh keberkahan dan kemuliaan. Alangkah baiknya dapat diisi dengan amalan puasa Ramadan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Dengan mengerjakan beberapa amalan-amalan baik di bulan puasa Ramadan ini akan memperoleh ganjaran pahala dari Allah SWT.

Baca Juga : Kumpulan Doa Puasa di Bulan Ramadan yang Wajib Dihafal

6 Amalan Puasa Ramadan yang Dicontohkan Rasulullah SAW

Mengutip dari NU Online, ada enam amalan puasa yang dicontohkan oleh Rasulullah saat di bulan Ramadan. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Memperbanyak Bersedekah

Ibadah puasa adalah amalan yang perlu dan wajib dilaksanakan di bulan Ramadan. Orang yang berpuasa pun ada baiknya dapat memperbanyak sedekah.

Bersedekah bisa dilakukan dengan apapun. Dapat memberikan makanan atau minuman untuk berbuka kepada orang lain, memberi sumbangan ke tempat ibadah atau lainnya.

Allah SWT pun akan menjanjikan pahala yang setimpal bagi mereka yang telah melaksanakan amalan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Baca Juga : Menu Makanan Berbuka Puasa Ramadan, Sederhana Tapi Kaya Nutrisi 

Sebagaimana sabda dari Rasulullah SAW mengatakan:

"Barangsiapa yang memberi buka orang yang puasa akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun." (HR. Trimidzi No.807)

2. Membaca Al-Qur'an

Amalan yang dapat dilakukan saat puasa Ramadan, yakni memperbanyak membaca Al-Quran atau tadarusan.

Semakin rajin membaca Al-Qur'an, bahkan bila mampu sampai khatam di bulan suci Ramadan, maka akan semakin banyak pula ganjaran kebaikan dan pahala yang didapat.

Rasulullah SAW juga bersabda dalam sebuah Hadits Riwayat Imam Tarmidzi, " Siapa yang membaca satu huruf dalam Al-Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan."

Baca Juga : Pengertian Puasa Ramadan dan Keutamaannya, Diampuni Seluruh Dosa

3. Menyegerakan Waktu Berbuka Puasa

Saat azan maghrib berkumandang, hendaknya segera berbuka puasa dan tidak menunda-nundanya.

Sementara itu, Rasulullah SAW juga menyarankan agar berbuka puasa dengan kurma dan air putih. Hal ini sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

"Jika salah seorang berpuasa, hendaknya ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan air. Sebab, air itu menyucikan," (HR Abu Dawud).

4. Menjaga lisan

Dengan menjaga lisan di saat puasa Ramadan dapat mencegah timbulnya dosa. Karena, setiap perkataan yang kurang baik dapat megurangi pahala yang telah kita dapat selama berpuasa.

Menjaga lisan penting dilakukan saat bulan Ramadan ini. Terlebih, lisan sendiri dapat menjadi senjata yang mematikan sehingga ada baiknya berkatalah yang baik dan bermanfaat.

Baca Juga : Doa Berbuka Puasa Ramadan, Cara yang Benar Sesuai Sunnah Rasulullah

5. Salat Malam atau Qiyam Ramadan

Amalan yang dapat dicontoh dari Rasulullah SAW dan dianjurkan pengerjaannya adalah salat malam atau qiyam Ramadan seperti salat tarawih dan witir.

Rasulullah SAW bersabda, orang yang melaksanakan salat malam di bulan Ramadn akan diampuni dosanya yang telah berlalu.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: Dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah bersabda: "Barangsiapa yang salat malam pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu," (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga : 5 Rekomendasi Menu Buka Puasa yang Populer dan Kekinian

6. Melaksanakan Sahur

Amalan terakhir yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW saat berpuasa adalah, melaksanakan sahur.

Tentunya, sebelum berpuasa hendaknya melakukan makan sahur terlebih dahulu. Sahur sendiri memiliki manfaat sebagai cadangan energi agar dapat beraktivitas saat berpuasa nanti.

Sahur juga sunnah pada bulan suci Ramadan. Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa terdapat banyak keberkahan bila dapat melaksanakan sahur.

Itulah amalan puasa Ramadan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Semoga informasi yang diberikah dapat bermanfaat, selamat berpuasa!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link