Beranda / Lifestyle

Jelang Ramadan 2023, Ketahui Nutrisi yang Tepat Agar Tidak Lemas Selama Berpuasa

life.terasjakarta.id - Senin, 20 Maret 2023 | 03:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Menjaga nutrisi yang seimbang perlu dilakukan selama menjalani puasa Ramadan 2023, agar badan bisa beradaptasi saat memasuki bulan Ramadhan 2023. (Freepik/@freepik)

Menjaga nutrisi yang seimbang perlu dilakukan selama menjalani puasa Ramadan 2023, agar badan bisa beradaptasi saat memasuki bulan Ramadhan 2023. (Freepik/@freepik)

Penulis : Riza Alamas
Editor : Riza Alamas

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID-- Puasa Ramadan 2023 sudah semakin dekat. Selama bulan suci ini, umat Muslim menjalankan puasa dengan menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga matahari terbenam.

Agar tetap sehat dan bugar selama menjalani puasa Ramadan 2023, kita perlu menjaga asupan nutrisi selama berpuasa, termasuk saat sahur.

Makan di waktu sahur menjadi hal yang penting dilakukan agar seseorang dapat menyimpan energi untuk beraktivitas selama seharian dalam menjalani puasa Ramadan 2023.

Salah satu ajaran Nabi Muhammad SAW saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan adalah dengan makan sahur. (freepik)

Menjaga asupan nutrisi yang tepat perlu dilakukan selama menjalani ibadah puasa Ramadan 2023. (freepik)

Kebutuhan gizi seseorang ketika menjalankan puasa Ramadan 2023 sebenarnya tidak jauh berbeda saat hari biasa. Satu hal yang membedakan hanya pergeseran waktu pola makan.

Baca Juga : Kumpulan Doa Puasa di Bulan Ramadan yang Wajib Dihafal

Namun, kita perlu menyingkirkan asumsi makan sahur asal kenyang atau cenderung mengandalkan sumber karbohidrat saja selama bulan Ramadan 2023.

Karbohidrat memang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi utama, tetapi karbohidrat akan cepat habis.

Oleh karena itu, kita juga memerlukan asupan nutrisi lainnya seperti protein, lemak, serat, dan air putih yang cukup selama menjalani puasa Ramadan 2023.

Baca Juga : 7 Tips Menjalani Ramadan dengan Baik dan Berkah

Makanan mengandung karbohidrat seperti nasi, mie, dan umbi-umbian dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi utama saat beraktivitas khususnya di bulan puasa Ramadan.

Namun, karbohidrat akan cepat habis. Karena itu, umat muslim yang menjalani puasa Ramadan 2023 juga memerlukan asupan nutrisi tambahan lainnya.

Melansir dari Antara pada hari Sabtu 18 Maret 2023, ahli gizi Fitri Hudayani, SST., S.Gz, MLM, RD, mengatakan bahwa karbohidrat ini kan diproses menjadi energi duluan, nih, paling cepat dihasilkan dan paling cepat habis. Oleh karena itu, makan sahur jangan hanya karbohidrat saja.

Baca Juga : Mengenal Sedekah Subuh, Apa Keutamaannya?

Mengingat hal tersebut, Fitri juga menggarisbawahi pentingnya mendapatkan sumber energi dari pangan lainnya yang mengandung protein, lemak, hingga serat dalam menjalani puasa Ramadan.

Asupan protein baik yang berasal dari hewani maupun nabati juga dapat dijadikan sebagai sumber energi untuk tubuh kita beradaptasi selama menjalani puasa Ramadan.

Selain itu, protein juga berfungsi dalam membangun dan memelihara jaringan tubuh, membentuk antibodi, hingga menjaga kekuatan tubuh agar tidak lemas selama menjalani puasa.

Saat berpuasa kita juga perlu mengonsumsi makanan berlemak dengan porsi yang cukup, dan makanan berlemak bisa didapatkan dari sumber lemak sehat, seperti ikan kembung, salmon, alpukat, hingga telur.

Baca Juga : 5 Buah untuk Sarapan yang Sehat dan Baik Dikonsumsi

Lemak juga bisa berperan baik dalam membantu penyerapan nutrisi, membangun membran sel, dan menjaga kelembaban kulit.

Selain lemak, serat yang berasal dari sayuran dan buah-buahan juga perlu dimasukkan dalam menu saat kalian makan sahur nanti.

Menurut Fitri, makanan berserat dapat menjaga perut kita tetap kenyang selama menjalani puasa Ramadhan 2023. Serat yang ada di dalam sayur dan buah juga bisa membantu memperlambat pelepasan gula darah.

Baca Juga : Menu Makanan Berbuka Puasa Ramadan, Sederhana Tapi Kaya Nutrisi

Dengan begitu, kondisi gula darah menjadi lebih stabil dan tak langsung melonjak saat kamu sahur atau saat berbuka puasa.

Terakhir, Fitri juga merekomendasikan agar minum dua gelas air putih minimal 2 gelas saat sahur selama menjalankan puasa Ramadan 2023.

Menurut FItri, hal ini perlu dilakukan agar umat muslim dapat melakukan aktivitas secara normal selama menjalankan puasa Ramadan 2023.

Namun, kita juga harus mengetahui asupan nutrisi yang diajurkan para ahli saat sahur agar puasa Ramadan kita berjalan lancar.

Baca Juga : 4 Tips Agar Puasa Tetap Kuat dan Sehat di Bulan Ramadan untuk Si Kecil

Puasa Ramadan adalah waktu untuk menjaga kebugaran fisik dan mental sekaligus menunaikan ibadah.

Oleh karena itu, selain menjaga nutrisi saat sahur dan berbuka, ada beberapa tips sehat selama puasa yang perlu diperhatikan.

Dalam artikel ini, terasjakarta.id akan memberikan tips sehat selama puasa Ramadan yang bisa kamu terapkan selama bulan puasa Ramadan 2023.

Makan Secukupnya Saat Berbuka

Saat berbuka, sangat penting untuk makan secukupnya. Karena makan dalam jumlah banyak secara langsung setelah berbuka puasa bisa membuat perut terasa penuh, sesak, dan memicu gangguan pencernaan.

Baca Juga : Doa Berbuka Puasa Ramadan, Cara yang Benar Sesuai Sunnah Rasulullah

Agar terhindar dari hal ini, disarankan untuk makan secukupnya secara bertahap. Mulailah berbuka puasa dengan mengkonsumsi air putih dan sedikit makanan manis.

Hindari Makan Malam yang Berlebihan

Penting untuk mengatur pola makan sebelum memasuki bulan Ramadhan 2023 agar perut dapat beradaptasi saat menjalani puasa Ramadhan 2023. (stocksnap.io)

Menghindari makan yang berlebihan saat sahur dan berbuka puasa sangat perlu dilakukan agar perut tidak kaget ketika berpuasa. (stocksnap.io)

Penting untuk menghindari makan terlalu banyak di malam hari, karena dapat memicu obesitas atau kelebihan berat badan.

Baca Juga : 5 Tips untuk Habiskan Waktu Akhir Pekan Bersama Keluarga

Selain itu, hindari minuman berkafein dan soda karena akan menyebabkan sulit tidur dan menimbun banyak lemak, dan usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi, seperti sayuran dan buah-buahan.

Aktivitas Fisik

Persiapan Awal Ramadhan, mempersiapkan fisik menjadi hal yang sangat penting dalam menghadapi bulan Ramadhan 2023. (freepik)

Aktivitas fisik ringan bukan menjadi alasan untuk tidak dilakukan saat menjalani puasa Ramadan. (freepik)

Meskipun sedang berpuasa, kalian juga tetap harus melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari selama menjalankan puasa.

Baca Juga : Panduan Lengkap Puasa Ramadan: Tips dan Tata Cara

Aktivitas fisik dapat berupa olahraga ringan pada sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa atau sekadar membersihkan rumah bisa kalian lakukan untuk menjaga tubuh tetap bergerak.

Aktivitas fisik juga dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Menjaga Pola Tidur

Beberapa tips yang dapat mengatur pola tidur yang berkualitas selama bulan Ramadan nanti. (ist/Freepik)

Pola tidur yang teratur perlu diterapkan selama menjalani puasa Ramadan 2023 agar tubuh kita tak merasa lemas ketika berpuasa. (freepik)

Umat muslim yang tengah menjalani puasa perlu menjaga pola tidur agar tubuh tetap bugar selama bulan Ramadhan. Terlebih, kalian nantinya harus bangun pagi untuk santap sahur.

Baca Juga : 5 Tips Atur Pola Tidur Berkualitas untuk Persiapan Bulan Ramadan 2023

Karena itu, hindari begadang dan usahakan untuk menerapkan tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Pola tidur yang teratur dan cukup waktu dapat membantu menjaga kestabilan mood dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Saat berpuasa Ramadhan, sangat penting untuk menjaga nutrisi saat sahur dan berbuka puasa, tetap melakukan aktivitas fisik, hingga menjaga pola tidur agar dapat menunaikan ibadah puasa dengan lancar dan tanpa kendala.

Jika kalian memiliki masalah kesehatan selama puasa Ramadan, segeralah berkonsultasi ke dokter ahli untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya supaya ibadah puasa kalian tidak terganggu.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan sehat dan bugar!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link