Beranda / Lifestyle

Doa setelah Salat Witir Ramadhan 2023 , Simak Penjelasannya!

life.terasjakarta.id - Kamis, 9 Maret 2023 | 17:05 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Doa yang dapat dibaca setelah salat witir (Unsplash/@Masjid Pogung Dalangan)

Doa yang dapat dibaca setelah salat witir (Unsplash/@Masjid Pogung Dalangan)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Memasuki awal bulan Ramadhan, banyak umat muslim berbondong-bondong mencari amalan terbaik, seperti melaksanakan salat sunnah witir.

Biasanya, salat witir sendiri menjadi salah satu amalan yang dianjurkan bagi umat muslim untuk dilaksanakan pada bulan Ramadhan nanti.

Seperti dikutip dari NU Online, witir adalah salat yang dikerjakan secara ganjil sebagai penutup salat malam, dapat dikerjakan menurut kemampuan masing-masing, misal boleh dengan satu atau tiga rakaat yang terpenting dikerjakan secara ganjil.

Meski salat witir disebut sebagai penutup salat malam, namun demikian salat witir juga dapat dikerjakan pada awal atau tengah malam.

Baca Juga : Kemenag Bagikan Jadwal Sidang Isbat Awal Ramadhan 2023, Ini Tahapannya

Dalam hadits yang diriwayatkan Sayyidah Aisyah r.a, diterangkan bahwa Rasulullah SAW, melaksanakan shalat witir setiap malam, dan pernah berwitir pada permulaannya, pertengahannya atau penghabisannya.

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ مِنْ كُلِّ اللَّيْلِ قَدْ اَوْتَرَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ اَوَّلِ اللَّيْلِ وَاَوْسَطِهِ وَاَخِرِهِ فَانْتَهَى وِتْرُهُ اِلَى السَّحَرِ

Dari Aisyah r.a, artinya: "dari setiap malam, Nabi s.a.w, pernah mengerjakan shalat witir pada permulaan malam, pertengahannya dan akhirannya, dan berakhir pada waktu shubuh". (hadits shahih, riwayat al-Bukhari: 941 dan Muslim: 1230).

Baca Juga : Niat dan Tata Cara Pelaksanaan Salat Witir Ramadhan 2023

Bacaan Doa setelah Salat Witir

Dilansir dari NU Online, berikut doa yang dapat dibaca selepas mengerjakan salat witir.


أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْاَلُكَ إِيْمَانًا دَاِئمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَا فِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَّامَ الْعَافِيَّةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَّةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَا مَنَا وَقِيَا مَنَا وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


Artinya: "Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyu', ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar,amal yang shalih, agama yang lurus, kebaikan yang banyak.kami mohon kepada-Mu ampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesaama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyukan, rendah diri dan ibadah kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad saw, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semesta alam.

Baca Juga : Tips Memasuki Bulan Ramadhan 2023, Persiapkan Diri Baik Fisik dan Mental

Sebelumnya, ada beberapa bacaan yang juga dianjurkan untuk dibaca pada salat witir, di mana bacaan tersebut berbeda-beda di setiap jumlah rakaatnya.

Bacaan Salat Witir 1 Rakaat

Dalam mengerjakan salat witir 1 rakaat ini, bacaan yang dianjurkan adalah membaca Surah Al-Ikhlas, Al-falaq, An-Nas dan dilanjutkan membaca surah Al-Fatihah.

Baca Juga : Doa Awal Ramadhan 2023, Manfaat Membaca Doa di Awal Bulan Puasa Ramadhan

Bacaan Salat Witir 3 Rakaat

Pada salat witir yang dilaksanakan sebanyak 3 rakaat, bacaan yang dianjurkan yakni surah Al-A'la di rakaat pertama, lalu di rakaat kedua dibacakan surah Al-Kafirun, dan surah Al-Ikhlas. Terakhir, bacakan surah An-Nas di rakaat 3.

Bacaan Salat Witir Melebihi Tiga Rakaat

Jika jumlah rakaat witir yang dikerjakan sudah melebihi dari tiga, maka disunnahkan untuk membaca surah Al-Qadr di setiap awal rakaat dan membaca surah Al-Kafirun di rakaat kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link