Beranda / Lifestyle

10 Contoh Soal Tes Wawancara Pengawas TPS Pemilu 2024 dan Jawabannya, Dijamin Lolos ke Tahap Selanjutnya!

life.terasjakarta.id - Kamis, 11 Januari 2024 | 17:05 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Contoh Soal Tes Wawancara untuk Pengawas TPS Pemilu 2024

Contoh Soal Tes Wawancara untuk Pengawas TPS Pemilu 2024 dan Jawabannya. (Foto: Unsplash)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Simak Contoh Soal Tes Wawancara untuk Pengawas TPS Pemilu 2024 dan Jawabannya yang dijamin bakal lolos ke tahap selanjutnya.

Diketahui, tes wawancara sendiri jadi salah satu tahapan penting dalam seleksi anggota pengawas TPS Pemilu 2024.

Melansir dari unggahan Instagram Bawaslu @bawasluri, untuk tes wawancara sendiri sudah dijadwalkan dan akan dimulai pada 2 hingga 17 Januari 2024.

Maka dari itu, untuk calon peserta diharapkan bisa persiapkan diri untuk menghadapi tes wawancara pengawas TPS Pemilu 2024 agar dapat lolos seleksi ke tahap selanjutnya.

Berikut ini ada beberapa contoh soal tes wawancara pengawas TPS Pemilu 2024 yang dapat kamu pahami dan pelajari sebagai referensi untuk belajar, di antaranya:

Baca Juga : 20 Contoh Soal Tes Wawancara Pengawas TPS Pemilu 2024 Lengkap dengan Jawabannya, Persiapan agar Lolos Seleksi!

10 Contoh Soal Tes Wawancara Pengawas TPS Pemilu 2024

1. Coba ceritakan tentang diri Anda secara singkat?

Jawaban: (Bisa menjelaskan siapa nama lengkap kamu, alamat rumah, usia, status pernikahan, pekerjaan saat ini, hingga pendidikan terakhir).

2. Apa yang Anda ketahui tentang pengawas TPS?

Jawaban: Yang saya ketahui tentang pengawas TPS ialah di dalam Peraturan Bawaslu Nomor 1 Tahun 2020, pasal 1 ayat (11), pengawas TPS juga disebut sebagai bagian dari pengawas pemilu yang dibentuk panitia pengawas kecamatan (Panwaslu kecamatan) untuk membantu tugas-tugas pengawasan di tingkat kelurahan atau desa.

3. Mengapa Berminat untuk menjadi pengawas TPS?

Jawaban: Saya berminat dan tertarik untuk menjadi pengawas TPS, dikarenakan saya mempunyai integritas serta keinginan untuk dapat berpartisipasi sebagai pelaksana atau salah satu pengawas pemilu dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan berbagi pengalaman yang saya miliki.

4. Apa yang Anda lakukan jika terpilih Pengawas TPS Pemilu 2024?

Jawaban: Saya akan melaksanakan tugas, tanggung jawab, dan menggunakan kewenangan yang saya miliki dalam mengawasi TPS agar Pemilu 2024 dapat berlangsung secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luberjurdil).

5. Dari mana Anda mengetahui pendaftaran Pengawas TPS Pemilu 2024?

Jawaban: Saya mengetahui adanya pendaftaran Pengawas TPS Pemilu 2024 dari media sosial yaitu Instagram Bawaslu RI.

6. Apa yang akan Dilakukan jika ada kerusuhan di TPS pada hari pemungutan suara?

Jawaban: Jika ada kerususahn di TPS saat hari pemungutan suara, maka langkah pertama yang saya lakukan adalah menghentikan sementara proses pemungutan suara tersebut, lalu melaporkan kejadian tersebut ke petugas keamanan serta meminta bantuan untuk amankan lokasi.

Jika situasi kondisi mulai kondusif, maka proses pemungutan suara akan dilaksankan kembali.

Saya juga akan melaporkan peristiwa tersebut pada KPU serta pihak yang berwenang.

Supaya pengaduan masalah itu lebih akurat, pastinya saya juga mendokumentasikannya sebagai bukti dan bahan evaluasi ke KPU.

7. Apa saja tugas pengawas TPS Pemilu 2024?

Jawaban: Pertama, pengawas TPS menyampaikan laporan hasil pengawasan pemungutan dan penghitungan suara kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/ Desa. Kedua, pengawas TPS menyampaikan laporan hasil pengawasan kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/ Desa.

8. Apa saja perlengkapan yang harus ada di TPS?

Jawaban: Perlengkapan yang harus ada TPS antara lain, surat suara, tinta, segel, dan alat coblos.

9. Apa yang Anda ketahui tentang larangan sebagai pengawas TPS Pemilu 2024?

Jawaban: Pengawas TPS dilarang mempengaruhi dan mengintimidasi pemilih dalam menentukan pilihannya. Pengawas TPS juga dilarang melihat pemilih mencoblos surat suara dalam bilik suara. Pengawas TPS juga dilarang mengganggu kerja KPPS dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya.

10. Siapa saja yang wajib ada atau hadir di TPS?

Jawaban: Ketua KPPS, 6 anggota KPPS, satu pengawas TPS, saksi, dan petugas linmas jika ada.

Demikian sejumlah informasi terkait contoh tes wawancara pengawas TPS Pemilu 2024 yang dapat dijadikan sebagai refensi belajar untuk calon peserta agar bisa lolos ke tahap selanjutnya. Semoga membantu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link