Beranda / Lifestyle

6 Buah untuk Diet yang Aman Dimakan Malam Hari, Nggak Bikin Takut Berat Badan Naik

life.terasjakarta.id - Senin, 25 Desember 2023 | 16:11 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
7 rekomendasi buah untuk diet dimakan malam hari, tanpa takut berat badan naik. (Unsplash/Julia Zolotova)

7 rekomendasi buah untuk diet dimakan malam hari, tanpa takut berat badan naik. (Unsplash/Julia Zolotova)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Berikut buah-buah untuk diet yang baik dan aman dimakan saat malam hari.

Kamu sering lapar saat malam hari, tapi tengah diet? Nggak perlu khawatir, sebab ada beberapa buah yang aman dikonsumsi saat malam hari.

Rasa lapar kerap muncul saat malam hari yang membuat seseorang sulit atau bahkan tidak bisa tidur karena terbayang-bayang oleh aneka makanan dan camilan.

Baca Juga : 3 Aturan Makan Buah untuk Diet, Cek di Sini!

Makan di malam hari memang bisa menghancurkan rencana diet, terlebih mengonsumsinya manis, tinggi garam, atau tinggi kalori.

Namun, tak perlu khawatir karena ada makanan yang bisa dikonsumsi malam hari saat program diet.

Mengonsumsi buah sebagai camilan saat malam hari adalah pilihan yang baik saat sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Sebab, makan buah bisa menekan keinginan mengonsumsi makanan yang tinggi kalori.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Jus Buah untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Dijamin Sehat dan Bergizi!

Buah juga termasuk ke dalam golongan makanan padat nutrisi yang mengandung lebih banyak vitamin dan mineral dibandingkan kadar kalorinya.

Sehingga, mengonsumsi buah bisa membantu untuk mencegah makan berlebih di malam hari.

Makan buah juga bisa membuat tubuh merasa rileks dan tidur menjadi lebih nyenyak jika dibandingkan mengonsumsi makanan yang tinggi kalori serta tinggi gula.

Maka dari itu, mengutip dari berbagai sumber, berikut enam buah yang baik dan aman dimakan malam hari saat diet untuk menurunkan berat badan,

1. Nanas

Buah nanas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya dapat membantu untuk jaga kesehatan jantung. (Unsplash/@phienix_han)

Buah nanas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh (Unsplash/@phienix_han)

Nanas mengandung tinggi melatonin yang apabila dikonsumsi secara teratur sebelum tidur dapat membantu istirahat lebih cepat dan nyenyak.

Selain itu, buah tropis ini mengandung kalori yang rendah serta bromelain.

Bromelain yang terkandung dalam nanas, yaitu enzim proteolitik yang mampu membantu untuk memecah molekul protein serta lemak di dalam tubuh.

Kandungan air yang tinggi pada buah nanas ini juga bisa menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Sehingga, tubuh yang cukup terhidrasi bisa membuat berat badan menjadi lebih mudah untuk turun.

2. Stroberi

Buah stroberi untuk dimakan malam hari saat diet. (Foto: Unsplash)

Buah stroberi untuk dimakan malam hari saat diet. (Foto: Unsplash)

Stroberi menjadi buah lainnya yang cocok untuk dikonsumsi saat malam hari saat sedang diet.

Pasalnya, buah stroberi rendah akan kalori dan memiliki kandungan serta serta vitamin C yang baik bagi kesehatan.

Selain itu, stroberi juga kaya antioksidan yang dipercaya bisa mengurangi stres fisik dan tidur semakin nyenyak.

166 gram buah stroberi hanya mengandung 53 kalori. Sehingga, stroberi dapat dinikmati hingga dua kali sajian untuk dikonsumsi pada malam hari tanpa takut berat badan naik.

3. Kiwi

Kiwi buah untuk sarapan. (Unsplash/Pranjall Kumar)

Buah kiwi aman dimakan saat malam hari ketika diet. (Unsplash/Pranjall Kumar)

Kiwi mengandung tinggi vitamin C, serat alami, kadar serotonin, dan antioksidan yang dapat meningkatkan rasa kenyang.

Selain itu, berbagai kandungan yang ada di dalam buah kiwi tersebut juga bisa membantu untuk meningkatkan kualitas tidur.

Kiwi juga bisa dikonsumsi sebanyak 1-2 buah dengan ukuran sedang satu jam sebelum tidur.

Tak hanya baik untuk diet, buah kiwi juga memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, dan mengurangi peradangan.

4. Pepaya

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, pepaya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. (freepik)

Buah pepaya dikonsumsi untuk makan malam hari saat diet. (freepik)

Pepaya menjadi buah yang tinggi akan vitamin C dan memiliki peran ganda.

Peran ganda yang ada pada Pepaya ini dibutuhkan dalam proses pembakaran lemak serta membantu meningkatkan produksi serotonin yang dapat mengurangi insomnia.

Selain itu, buah pepaya cocok dimakan karena bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, hingga efektif untuk menurunkan berat badan.

5. Pisang

Pisang buah untuk sarapan. (Unsplash/Anastasia Eremina)

Pisang buah yang baik dimakan malam hari saat diet. (Unsplash/Anastasia Eremina)

Buah lainnya yang cocok untuk dikonsumsi adalah Pisang.

Buah pisang sumber magnesium yang baik karena dapat membuat tubuh merasa lebih nyaman dan siap untuk tidur.

Dalam sebuah penelitian, mencukupi kebutuhan magnesium setiap hari dapat mengurangi kadar kortisol yang dikenal sebagai hormon stress.

Selain itu, pisang juga mengandung serat. Di mana kandungan ini dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama.

Sehingga, kondisi ini bisa mengurangi keinginan untuk ngemil di malam hari.

6. Ceri

Buah ceri aman dikonsumsi malam hari saat diet. (Foto: Unsplash)

Buah ceri aman dikonsumsi malam hari saat diet. (Foto: Unsplash)

Buah terakhir yang bisa dikonsumsi saat malam hari, yakni Ceri.

Ceri memiliki kandungan manfaat untuk diet dan kualitas tidur yang lebih baik.

Buah ini memiliki kadar triptofan dan anthocyanin tinggi yang bisa membantu tubuh memproduksi melatonin.

Melatonin sendiri merupakan hormon yang mengatur siklus tidur.

Mengonsumsi buah ceri ini bisa menjadi camilan yang tepat karena mengandung rendah kalori, gula, dan glikemik.

Sehingga, buah ini aman dari lonjakan gula darah.

Diketahui, 150 gram buah ceri hanya mengandung kurang dari 100 kalori dan 3 gram serat.

Hal ini tentu jika dikonsumsi bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link