Beranda / Lifestyle

3 Aturan Makan Buah untuk Diet, Cek di Sini!

life.terasjakarta.id - Rabu, 13 Desember 2023 | 09:35 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Aturan makan buah yang benar untuk diet atau menurunkan berat badan. (Foto: Unsplash)

Aturan makan buah yang benar untuk diet atau menurunkan berat badan. (Foto: Unsplash)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Simak aturan makan buah yang benar untuk diet atau menurunkan berat badan.

Buah merupakan salah satu asupan yang diperlukan oleh tubuh karena mengandung gizi baik seperti serat dan vitamin.

Tak hanya itu, buah ternyata juga bisa menurunkan berat badan asal diperhatikan cara atau aturan makan yang tepat.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Jus Buah untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Dijamin Sehat dan Bergizi!

Sebab, buah-buahan yang memiliki kalori tinggi, glukosa dan serat bila dikonsumsi secara berlebihan atau dikombinasikan dengan komponen yang salah bisa memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan.

Dampak tersebut bisa menyebabkan naiknya berat badan atau terdapat sejumlah komplikasi kesehatan lainnya.

Nah, supaya tidak berlebihan makan buahnya, berikut ini ada sejumlah aturan yang perlu diketahui saat makan buah untuk diet, antara lain:

Baca Juga : 5 Manfaat Alpukat untuk Diet, Kaya Nutrisi dan Menyehatkan

3 Aturan Makan Buah untuk Diet

7 buah yang cocok untuk diet dan efektif untuk turunkan berat badan. (Foto: Freepik)

Sejumlah buah yang cocok untuk diet dan efektif untuk turunkan berat badan. (Foto: Freepik)

1. Makan Buah dengan Protein

Aturan pertama untuk makan buah saat diet, yaitu dengan memasangkannya dengan sumber protein.

Hal tersebut dilakukan agar asupan buah menjadi lebih seimbang dan memuaskan.

Sumber makanan kaya protein yang dapat dikonsumsi mulai dari keju cottage, kacang, dan yogurt Yunani.

Dengan mengonsumsi makanan yang dikombinasikan dengan protein ini bisa membantu kamu untuk mengendalikan rasa lapar serta merasa kenyang lebih lama.

Tentunya, diet pun juga akan berjalan dengan lancar.

2. Pilih Buah yang Indeks Glikemik Rendah

Menurut Rohini Patil, seorang nutrisionis yang bersertifikat telah merekomendasikan sejumlah buah-buahan yang dapat dikonsumsi untuk diet.

Buah-buahan itu yang mengandung indeks Glikemik rendah yang dapat menurunkan berat badan.

Contoh buahnya seperti pir, apel, ceri dan beri.

3. Tetap Mengontrol Porsi

Walaupun sehat, tetapi buah-buahan juga mengandung gula serta kalori yang alami.

Tetap memperhatikan ukuran atau porsi makan buah agar tidak terlalu berlebihan, terutama untuk yang ingin mengatur berat badan.

Itu dia sejumlah aturan yang perlu diperhatikan untuk makan buah agar program diet atau menurunkan berat badan bisa berjalan dengan baik. Semoga membantu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link