Beranda / Lifestyle

Tak hanya Mencegah Risiko Diabetes, Ini 4 Manfaat Jalan Kaki setelah Makan

life.terasjakarta.id - Selasa, 31 Oktober 2023 | 09:42 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Jalan kaki merupakan salah satu olahraga dengan intensitas yang ringan dan sederhana untuk dilakukan serta memiliki banyak manfaat, terutama mencegah diabetes. (Foto: Freepik)

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga dengan intensitas yang ringan dan sederhana untuk dilakukan serta memiliki banyak manfaat, terutama mencegah diabetes. (Foto: Freepik)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Jalan kaki merupakan salah satu olahraga dengan intensitas yang ringan dan sederhana untuk dilakukan.

Dilansir dari Live Strong, dengan terbiasa berjalan kaki rutin selama kurun 30 menit per hari, itu sudah mampu membakar 136 kalori.

Jalan kaki juga ternyata bisa dilakukan usia makan dan bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena diabetes, lho.

Baca Juga : Ini Olahraga Alternatif Pengganti Jalan Kaki 10.000 Langkah Per Hari, Apa Saja?

Ada sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga jalan kaki usai makan ini memiliki manfaat untuk turunkan kadar gula darah dan bisa cegah munculnya diabetes.

Lantas, selain mencegah risiko diabetes, manfaat apa yang akan didapat jika rutin berjalan kaki setelah makan? Simak informasinya di bawah ini.

4 Manfaat Jalan Kaki setelah Makan

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat yang didapat jika kamu rutin olahraga jalan kaki setelah makan, antara lain:

Baca Juga : Gratis! 7 Rekomendasi Pameran di Jakarta 20-24 September 2023, Bisa untuk Belajar Seni hingga Jalan Santai

1. Cegah Risiko Diabetes

Manfaat pertama, yaitu untuk mencegah diabetes, yang mana ada studi diterbitkan di dalam jurnal Sports Medicine 2022.

Studi tersebut menjelaskan jika dengan olahraga jalan kaki selama 2 hingga 5 menit seusai makan bisa menurunkan kadar gula darah. Manfaat itu juga sangat penting turunkan risiko diabetes.

Karena itulah, jalan kaki sehabis makan selama minimal sekitar dua menit bisa mengendalikan naikan kadar gula dara sehingga dapat menurunkan risiko terkena diabetes serta penyakit jantung.

Baca Juga : Liburan Jadi Sehat! 3 Rekomendasi Olahraga yang Dapat Dilakukan di Minggu Pagi, Simak Informasinya

2. Bantu Turunkan Berat Badan

Dengan rutin berolahraga jalan kaki sehabis makan, ternyata juga memiliki manfaat untuk turunkan berat badan.

Lantaran, dengan kamu rajin jalan kaki maka akan membuat tubuh menjadi lebih dekat dengan defisit kalori yang dikaitkan dengan adanya penurunan berat badan.

3. Cegah Penyakit Jantung

Selain Cegah Diabetes, dengan berjalan kaki setelah makan juga dapat mencegah terkena risiko penyakit jantung.

Olahraga jalan kaki ini dengan beberapa menit saja sudah dapat menurunkan trigliserida darah serta faktor risiko penyakit jantung.

Baca Juga : Rekomendasi Olahraga untuk Turunkan Berat Badan

Pada umumnya, kamu cukup berjalan kaki selama kurang lebih 5 hingga 10 menit sehabis makan.

Apabila dilakukan dengan rutin, jalan kaki ini juga akan termasuk dalam aktivitas fisik dengan intensitas yang ringan.

Sebab, aktivitas fisik ini bisa bantu untuk menurunkan kolesterol hingga tekanan darah.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Sebelum Perjalanan Mudik Lebaran, Harus Rutin Olahraga

4. Tingkat Sistem Pencernaan

Manfaat terakhir dari jalan kaki sehabis makan, yaitu dapat meningkatkan sistem pencernaan di dalam tubuh.

Mengutip dari Healthline, dengan berjalan kaki sehabis makan bisa mencegah penyakit yang menjangkit sistem pencernaan.

Seperti sembelit, mulas, tukak lambung, kanker kolorektal hingga sindrom iritasi usus besar.

Baca Juga : 5 Jenis Olahraga Ringan yang Cocok Dilakukan Saat Berpuasa

Diketahui, dengan berjalan kaki setelah makan, maka gerakan tubuh bisa membantu pencernaan dalam meningkatkan stimulasi lambung dan juga usus.

Sehingga, makanan yang masuk dapat bergerak lebih cepat.

Tak hanya itu, dengan mencoba aktivitas ringan lainnya juga dapat berikan efek perlindungan untuk saluran pencernaan.

Baca Juga : Jenis dan Manfaat Olahraga Pagi yang Mudah Dilakukan sebelum Beraktivitas

Sebelumnya, diketahui bahwa  penelitian merekomendasikan untuk berolahraga jalan kaki sebanyak 10.000 langkah per harinya.

Penelitian juga menunjukkan bila olahraga jalan kaki 10.000 langkah per hari ini bisa menjaga kesehatan pada tulang serta mengurangi risiko kematian dini.

Hal tersebut dilansir dari Womens Health yang menjelaskan bahwa jalan kaki sekitar 10.000 hingga 12.500 langkah per hari dapat bantu turunkan berat badan dan juga mengurangi lemak tubuh.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Olahraga Minggu Pagi di Jakarta, Bisa Sambil Lihat Pemandangan Laut

Akan tetapi, jalan kaki dengan 10.000 langkah per hari ini ternyata tidaklah mudah, apalagi untuk mereka yang masih mempunyai keterbatasan waktu.

Lalu, apa saja alternatif olahraga yang dapat dilakukan untuk jadi pengganti jalan kaki 10.000 langkah per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link