Beranda / Lifestyle

Bacaan Doa Berangkat Kerja agar Selamat, Muslim Wajib Tahu!

life.terasjakarta.id - Selasa, 20 Juni 2023 | 05:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Bacaan doa berangkat kerja sebelum memulai aktivitas dan agar selamat selama FIFA Matchday berlangsung pada Senin, 19 Juni 2023 malam WIB. (freepik)

Bacaan doa berangkat kerja sebelum memulai aktivitas dan agar selamat selama FIFA Matchday berlangsung pada Senin, 19 Juni 2023 malam WIB. (freepik)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Berikut bacaan doa berangkat kerja agar selamat dan dijauhkan dari bahaya.

Seperti yang diketahui bahwa umat muslim dianjurkan untuk membaca doa ketika ingin melakukan berbagai aktivitas, salah satunya berangkat kerja.

Sebab, membaca doa sebelum berangkat kerja dianjurkan sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan dalam menjalani aktivitas.

Baca Juga : Doa dan Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban sesuai dengan Syariat Islam

Doa juga berisi harapan agar Allah SWT memberikan segala kelancaran dan kemudahan dalam menjalani aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

Doa sebelum berangkat kerja juga disarankan agar umat muslim yang membacanya senantiasa sabar terhadap rezeki yang hendak Allah SWT berikan.

Sehingga, umat muslim tidak akan salah langkah dalam melakukan setiap pekerjaannya hanya karena inhin segera mendapatkan rezeki dari Allah SWT.

Bacaan Doa Berangkat Kerja

Melansir laman resmi NU, berikut bacaan doa yang dianjurkan untuk dibaca saat hendak berpergian untuk melakukan aktivitas agar senantiasa diberikan perlindungan.

Baca Juga : Bacaan Doa Pembuka Pintu Rezeki di Pagi Hari yang Bisa Diamalkan

بسم اللّه على نفسي ومالي وديني، اللّهمّ رضّني بقضاءك وبارك لي فيما قدّرلي حتّى لَا ٱحبَّ تعجِيلَ مَا أخّرت ولَا تأْخير ما عجّلتَ


Dengan menyebut nama Allah, atas diriku, hartaku, dan agamaku. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang ridha (menerima atas ketetapan-Mu serta berkahilah aku atas rezeki yang Engkau tentukan sehingga aku tak tergesa-gesa meminta sesuatu Engkau tunda, atau menunda-nunda sesuatu yang Engkau hendak segerakan.

Seperti yang dikutip dari perkataan Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin (Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz I, halaman 408). Beliau menganjurkan kita untuk membaca doa berikut ini ketika kita memulai aktivitas atau memasuki bidang baru yang akan kita geluti. Doa tersebut dikutip dari kitab suci Al-Qur’an:


رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا. رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي، وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي


Rabbanā ātinā min ladunka rahmatan, wa hayyi’ lanā min amrinā rasyadan (Surat Al-Kahfi ayat 10), rabbisyrah lī shadrī, wa yassir lī amrī. (Surat Thahā ayat 25-26).

Artinya: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku.”

Baca Juga : Bacaan Doa setelah Sholat Dhuha Lengkap dengan Artinya

Dijelaskan dalam syarah kitab Ithafus Sadatil Muttaqin (Syarah kitab Ihya Ulumuddin) Sayyid Muhammad Az-Zabidi menuliskan, doa yang dipanjatkan diatas dapat dibaca ketika kita hendak memulai aktivitas atau mulai menggeluti bidang-bidang kehidupan tertentu. (Az-Zabidi, Ithaf, [Beirut, Muassasatut Tarikh Al-Arabi: 1994 M/1414 H], juz V, halaman 103-104).

Dengan membacakan doa sebelum melakukan aktifitas tersebut, kita berharap mudah-mudahan Allah SWT memberikan kemudahan disetiap aktivitas kita tanpa hambatan yang berarti. Wallahu a’lam.

Bacaan Doa Pembuka Pintu Rezeki di Pagi Hari

1. Doa Pembuka Rezeki

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, dan Ahmad).

Baca Juga : Bacaan Doa Perjalanan Jauh agar Selamat sampai Tujuan, Lengkap Beserta Artinya

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi).

كَانَ الرَّجُلُ إِذَا أسْلَمَ عَلَّمَهُ النَّبيُّ – صلى الله عليه وسلم – الصَّلاَةَ ثُمَّ أمَرَهُ أنْ يَدْعُوَ بِهؤلاَءِ الكَلِمَاتِ : (( اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي )) .

Artinya: “Jika seseorang baru masuk Islam, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan pada beliau salat, lalu beliau memerintahkannya untuk membaca do’a berikut: “Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii (Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku).” (HR. Muslim).

Baca Juga : Simak Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid, Lengkap Latin Beserta Terjemahannya

2. Doa Pembuka Rezeki Surat Al-Maidah ayat 114

اَللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Allaahumma rabbanaa anzil ‘alainaa maaidatan minas samaai takuunu lanaa ‘idan liawwalinaa wa aakhirinaa wa ayatan minka warzuqna wa anta khairur raaziqiina”.

Artinya, “Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu bagi orang orang yang bersama kami dan yang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan engkau, beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki yang paling utama.” (Surat Al-Maidah ayat 114).

Baca Juga : Simak Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid, Lengkap Latin Beserta Terjemahannya

3. Doa Memohon Rezeki yang Berkah

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ رَزَقَنِىْ هذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَقُوَّةٍ، اَللهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

Alhamdulillahil ladzii razaqanii haadzaa min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin, Allahumma baarik fiihi.

Artinya: “Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rezekiku.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link