Beranda / Lifestyle

5 Kebiasaan Sehat Rasulullah SAW saat Bulan Suci Ramadan

life.terasjakarta.id - Senin, 3 April 2023 | 08:30 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Buah delima merupakan salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad SAW. (istock/@TanyaSid)

Buah delima merupakan salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad SAW. (istock/@TanyaSid)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Rasulullah SAW dikenal sebagai seseorang yang memiliki pola makan sehat serta memiliki beberapa kebiasaan sehat untuk bisa ditiru selama berpuasa di bulan Ramadan.

Sebab, Rasulullah SAW saat puasa di bulan Ramadan ini tidak hanya sekadar mengajarkan umat muslim untuk menahan hawa nafsu saja, namun juga melatih umatnya untuk jaga kesehatan.

Dengan mempunyai tubuh yang sehat dengan catatan setiap makan sahur dan berbuka puasa, Rasulullah SAW sudah memenuhi asupan nutrisi dan cairan yang mencukupi untuk menjalani ibadah puasa.

Tak hanya itu, selama berpuasa dapat mengikuti kebiasaan-kebiasaan sehat yang Rasulullah SAW ajarkan ke umatnya.

Baca Juga : 5 Kreasi Olahan Timun Suri yang Cocok untuk Menu Buka Puasa

5 Kebiasaan Sehat Rasulullah SAW saat Bulan Puasa

Berikut beberapa kebiasaan sehat Rasulullah SAW yang mungkin bisa diikuti selama di bulan suci Ramadan ini, antara lain:

1. Makan dengan Porsi yang Lebih Sedikit

Diketahui, Nabi Muhammad terbiasa makan dengan porsi yang sedikit untuk mencegah penyakit datang.

Mengutip dari Health Fitness Revolution, praktik makan dengan porsi sedikit ini menurut Islam ada beberapa cara, yakni perut hanya diisi dengan 1/3 cairan, 1/3 makanan dan 1/3 napas.

Agar mencegah makan yang terlalu berlebih, bisa dipraktikan mindful eating tersebut atau makan dengan penuh kesadaran, misal makan sembari menonton video atau buka media sosial.

Baca Juga : 5 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

2. Berbuka dengan Kurma

Nabi Muhammad juga memberikan saran yang berbeda ketika berbuka puasa, yaitu memakan buah kurma.

Menurut ilmiah, kurma sendiri memiliki fungsi yang mampu untuk menstabilkan kadar gula di dalam darah, dapat menyeimbangkan kadar elektrolit di tubuh.

Kemudian, memakan kurma juga bisa membantu sistem pencernaan agar bisa bersiap untuk makan ke menu yang berat.

Baca Juga : Manfaat Biji Selasih bagi Kesehatan, Jaga Daya Tahan Tubuh dan Mengontrol Kolesterol

3. Tidur yang Cukup

Selanjutnya, kebiasan sehat Muhammad yang mungkin dapat ditiru saat bulan puasa adalah tidur yang cukup.

Tidur cukup sendiri menjadi salah satu kunci hidup sehat, selain makan dengan asupan bernutrsi dan beraktivitas fisik.

Nabi Muhammad tidak pernah tidur berlebihan ataupun kurang tidur.

Menurut ilmiah, tidur di waktu lebih awal akan menjaga stabilitas berat badan, serta dapat menghindari penyakit serius seperti obesitas, diabetes atapun penyakit jantung.

Baca Juga : Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan, Cocok Buat Menu Buka Puasa Ramadhan

4. Makan dengan Perlahan

Nabi Muhammad sendiri juga menganjurkan umatnya untuk makan secara perlahan.

Hal ini dimaksudkan agar saat makan dengan cara perlahan dapat membantu proses pencernaan makanan di dalam tubuh.

5. Memakan Buah Delima

Sekadar informasi, buah delima merupakan salah satu buah kesukaan dari Muhammad.

Buah delima sendiri memiliki kandungan mangan yang dapat membantu struktur tulang selama adanya proses metabolisme.

Baca Juga : 7 Menu Buka Puasa untuk Orang Diabetes, Aman Dikonsumsi

Lalu, terdapat kandungan potasium yang bisa membantu untuk jaga fungsi sel serta menjaga keseimbangan kadar cairan.

Melansir dari Islamic Seminary, buah delima favorit Rasulullah SAW ini memiliki kandungan flavonoid dan polifenol yang cukup tinggi. Hal ini membuat dua antioksidan tersebut, mampu untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Itu dia beberapa kebiasaan sehat Rasulullah SAW selama berpuasa di bulan Ramadan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link