Beranda / Lifestyle

Simak, Ini 5 Kebiasaan Sederhana untuk Mencegah Diabetes

life.terasjakarta.id - Senin, 13 Maret 2023 | 23:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Kebiasaan sederhana yang dapat membantu untuk mencegah terkena resiko penyakit diabetes. (Unsplash)

Kebiasaan sederhana yang dapat membantu untuk mencegah terkena resiko penyakit diabetes. (Unsplash)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Untuk mencegah diabetes sebenarnya adalah hal yang mudah. Asal dapat mengatur pola hidup sehat.

Kebiasaan sehari-hari yang sederhana misal seperti beraktivitas di pagi hari, olahraga, makan yang bergizi, dan tidur yang cukup menjadi peran penting dalam mengurangi kadar gula darah.

Dengan melakukan perubahan melalui kebiasaan sederhana ini, bisa membantu untuk mencegah terkena resiko penyakit diabetes.

Melansir dari laman Mayo Clinic, ada lima kebiasaan sederhana yang dapat dilakukan dan diterapkan untuk mengurangi diabetes.

Baca Juga : 5 Manfaat Makan Buah di Pagi Hari, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Lima Kebiasaan Sederhana untuk Mencegah Diabetes

Selengkapnya, bisa di simak uraian berikut mengenai kebiasaan sederhana apa saja yang dapat diterapkan untuk mencegah diabetes, sebagai berikut:

1. Rutin Melakukan Olahraga

Dengan berolahraga dapat membantu untuk menurunkan berat badan, mengurangi kadar gula darah serta meningkatkan kepekaan insulin untuk dapat mengatur kadar gula di batas normal.

Baca Juga : Jenis dan Manfaat Olahraga Pagi yang Mudah Dilakukan sebelum Beraktivitas

Dalam sepekan, setidaknya dapat luangkan waktu 150 menit untuk rutin berolahraga.

2. Minum Air Mineral

Minum air mineral menjadi salah satu kebiasaan baik untuk mengurangi diabetes. Minum air juga dapat mencegah gula dalam darah menjadi terkonsentrasi.

3. Membatasi Konsumsi Kafein

Baca Juga : Peringati Hari Glaukoma Sedunia, Kenali Gejalanya

Minum kopi itu bisa meningkatkan kadar gula darah, terutama jika dikonsumsi di pagi hari.

Untuk mengurangi resiko kadar gula darah naik akibat mengonsumsi kafein, pastikan selalu tetap mengonsumsi air mineral, sarapan yang bergizi dan seimbang.

4. Konsumsi Makanan Berprotein

Baca Juga : 8 Kebiasaan Sederhana Perempuan Jepang Demi Dapatkan Perut yang Rata

Mengawali hari dengan makan makanan yang berprotein tinggi juga dapat mengurangi dan menstabilkan gula darah.

Hal ini karena protein membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk dicerna sehingga gula darah tidak langsung meningkat.

Selain itu, dengan sarapan berprotein tinggi menciptakan aliran energi yang stabil serta memiliki efek kenyang lama sepanjang hari.

5. Mengelola Stres

Baca Juga : Jangan Disepelekan, Efek Begadang bagi Kesehatan

Tak hanya makan yang diperhatikan, tapi mengelola stres juga menjadi sebuah kebiasaan sederhana yang baik dan penting dalam mengontrol gula darah.

Memiliki tingkat stres yang rendah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah terkenanya penyakit diabetes.

Nah, itu tadi beberapa hal yang dapat diterapkan dalam keseharian untuk membiasakan hidup sehat untuk mengurangi resiko terkena diabetes. Semoga infonya dapat bermanfaat, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link